ADVERTISEMENT
detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 11:59 WIB

Mufidah Kalla Serahkan Bantuan Rp 150 Juta untuk Perajin di Lombok

Eva Safitri - detikNews
Mufidah Kalla Serahkan Bantuan Rp 150 Juta untuk Perajin di Lombok Foto: Mufidah Kalla (Eva Safitri/detikcom)
Mataram - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla, menyerahkan bantuan untuk dua kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan itu diberikan untuk memulihkan usaha bagi para perajin pascagempa.

Bantuan diberikan secara simbolis oleh Mufidah kepada perwakilan perajin dari Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara. Masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 75 juta.

Mufidah berharap para perajin terus menggali semangat untuk menciptakan kerajinan khas lokal sehingga dapat menjadi mata pencaharian andalan wilayah setempat. Mufidah menilai industri kerajinan ini menjadi salah satu ekonomi kreatif yang berkembang relatif cepat.


"Oleh sebab itu produk dari kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian terutama dengan pemanfaatan bahan baku lokal. Berdasarkan itu, maka produk kerajinan yang diproduksi sangat banyak jenis dan ragamnya dari anyaman gerabah keramik, perhiasan, batik, kerajinan logam, kayu dan lain-lain. Bahkan berkembang pula kerajinan yang memanfaatkan bahan baku dari bahan daur ulang," ucapnya di Kantor Dekranasda NTB, Jalan Langko, Mataram, NTB, Rabu (14/8/2019).

Mufidah mengingatkan persaingan yang semakin ketat, baik dalam regional maupun internasional. Dia meminta agar pengurus dekranasda setempat terus bersinergi melakukan pembinaan terhadap para perajin.

"Persaingan antara produk sejenis, baik di tataran regional maupun nasional tentunya akan semakin ketat, maka diperlukan upaya nyata untuk mendorong para UKM perajin agar lebih giat lagi supaya dapat bersaing di pasaran dan juga diperlukan sinergi berbagai pihak untuk melakukan upaya pembinaan dan pengembangan usaha perajin dalam mengatasi kelemahan yang dihadapi perajin," katanya.


Lebih lanjut, Mufidah meminta agar hasil kerajinan produk setempat juga dipasarkan secara online melalui marketplace. Sebab menurutnya, teknologi saat ini semakin modern sehingga teknik pemasaran berkembang semakin luas.

"Sebagaimana diketahui bahwa teknologi informasi saat ini sudah banyak maju, tidak kalah pentingnya agar Dekranasda NTB ini juga memanfaatkan pemasaran online baik secara mandiri atau melalui marketplace," tuturnya.

Ketua Dekranasda NTB Niken Saptarini Widyawati menyebut perajin di Lombok terdiri dari perajin kain tenun, perajin cukli (kerajinan yang terbuat dari kayu), perajin ketak (kerajinan darri tanaman), perajin gerabah dan perajin perhiasan mutiara.



Tonton video Terbang Menikmati Keelokan Pantai Mandalika dengan Kitesurfing:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed