ADVERTISEMENT
detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 11:58 WIB

Hendak Tanding di Rusia, Delegasi World Skills Bertemu Jokowi di Istana

Andhika Prasetia - detikNews
Hendak Tanding di Rusia, Delegasi World Skills Bertemu Jokowi di Istana Foto: Delegasi World Skills Competition bertemu Jokowi (Andhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi World Skills Competition (WSC) dari Indonesia yang akan bertanding di Kazan, Rusia pada 22 Agustus 2019. Mereka terdiri dari siswa dan lulusan SMK.

"Saya mendukung sekali keikutsertaan dalam World Skills Competition di Kazan, Rusia. Saya kira ini kita ingin menunjukkan bahwa talenta-talenta yang kita miliki bisa berkompetisi bisa bersaing dengan negara-negara lain," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).



Dijelaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, delegasi WSC asal Indonesia mengambil 29 bidang di perlombaan. Mereka nantinya akan adu keterampilan di bidang robotik, tata boga, hingga rias busana.

"Ada gardening dan landscaping, robotic, mechatronic, tata boga, penyajian makanan, rias, fashion, pokoknya 29 items," ujar Muhadjir.



Indonesia sebelumnya sudah mengikuti WSC di Abu Dhabi pada tahun 2017 dengan perolehan 2 medali perak. Kini, 36 delegasi siap bertanding di Rusia.

"Dua tahun lalu di Abu Dhabi, dapat 2 perak, belum sempat emas tapi kami dapat 12 medali. Medali itu 12 items di atas nilai yang dinyatakan memenuhi syarat. Tapi memang belum dapat medali semuanya. Baru dua perak. Tapi karena kita dapat 12 excellence, maka kita peringkat 12 dari 87 peserta," kata Muhadjir.



Tonton juga video saat Soal Munas Golkar, Bamsoet: Jokowi Tak Berikan Restu-restuan:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed