detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 15:24 WIB

Briptu Hedar Gugur Usai Disandera KKB Papua, JK: Serang Balik

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Briptu Hedar Gugur Usai Disandera KKB Papua, JK: Serang Balik Wapres Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Briptu Hedar diduga dibunuh kelompok kriminal bersenjata di Ilaga, Puncak, Papua. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta aparat bertindak tegas.

"Yang penting kita selesaikan masalahnya. Secara umum supaya Papua itu lebih aman. Tetapi, apabila ada yang menyerang aparat polisi negara, harus diselesaikan, harus diserang balik. Itu harus. Kalau diterima begitu saja, itu salah," kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

JK turut berbelasungkawa atas kematian Briptu Hedar. Sebagai daerah konflik, JK menilai sering ada korban di sana. "Ya tentu kita merasa berdukacita. Memang di daerah konflik selalu ada korban," ucapnya.



Sebelumnya, polisi menduga pembunuh Briptu Hedar adalah KKB dari Sinak, Papua. Kelompok itu dinilai berideologi yang bertentangan dengan NKRI. "Mereka datang dari luar Ilaga, mereka kelompok Sinak, markasnya di sana di Sinak," ujar Kapolsek Ilaga Iptu Manase Sayori seusai upacara pelepasan jenazah Briptu Hedar di Bandara Mosez Kilangin, Timika, Selasa (13/8).



Dia mengatakan kepolisian selalu berkomunikasi dengan warga setempat dengan baik. Manase menjelaskan polisi dengan kelompok yang berbeda pandangan ideologi NKRI selalu melakukan pendekatan agar mereka bisa kembali ke Ibu Pertiwi. "Sejauh ini komunikasi kami dengan masyarakat, tokoh adat, cukup bagus, bahkan dengan ketua kelompok-kelompok yang berbeda pandangan," Kata M Sayori.
(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com