detikNews
Minggu 11 Agustus 2019, 12:27 WIB

Anies Ungkap Alasan Turun Tangan Langsung Sembelih Hewan Kurban

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Ungkap Alasan Turun Tangan Langsung Sembelih Hewan Kurban Anies Baswedan (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih sapi kurbannya sendiri di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dia ingin meneruskan tradisi keluarganya.

Sejak kecil, Anies melihat ayahnya menyembelih hewan kurbannya sendiri. Dia pun ingin agar anaknya kelak meneruskan tradisi.


"Dulu Ayah juga begitu. Jadi saya nerusin kebiasaan. Dan anak-anak saya biar lihat. Mereka tentu belum melakukan sekarang. Tapi seperti saya menyaksikan Ayah saya dulu memotong kambing kurbannya sendiri, sekarang saya pun yang saya potong adalah kurban saya sendiri. Mudah-mudahan nanti insyaallah anak-anak meneruskan tradisi itu," ucap Anies kepada wartawan di Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (11/8/2019).

Anies bercerita, dia pertama kali menyembelih hewan kurban saat SMA kelas II di Yogyakarta. Dia menyembelih kambing di daerah Gunungkidul, Yogyakarta.

"Saya pertama kali motong ketika saya di Yogyakarta, pada masa SMA, itu kita banyak menyelenggarakan kurban di desa-desa. Jadi pengalaman pertama saya ketika SMA, kelas II di Gunungkidul," ucap Anies.


Saat kuliah, Anies mengaku rutin menyembelih hewan kurban. Saat ini, dia selalu ingin menyembelih hewan kurbannya sendiri jika ada kesempatan.

"Dan sesudah itu selalu diikhtiarkan kalau secara waktu memungkinkan saya akan potong sendiri," kata Anies.

"Jadi, sejak SMA... kalau kuliah rutin. Setiap Idul Adha, kambing dari keluarga kami, maka saya akan potong sendiri," katanya.


Anies Janjikan Daging Qurban Siap Saji ala Hotel Berbintang:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com