detikNews
Kamis 08 Agustus 2019, 17:05 WIB

Pasukan Oranye Banda Aceh Curhat Soal Warga yang Tak Sadar Buang Sampah

Agus Setyadi - detikNews
Pasukan Oranye Banda Aceh Curhat Soal Warga yang Tak Sadar Buang Sampah Pasukan oranye Banda Aceh. (Agus/detikcom)
Banda Aceh - Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Keindahan dan Kebersihan Kota (DLHK3) Banda Aceh mengeluhkan perilaku masyarakat kota yang masih sering membuang sampah sembarangan. Pasukan oranye pun harus bekerja ekstra agar ibu kota provinsi tetap bersih.

Para pasukan oranye hari ini mendapat bonus sebesar Rp 127 juta dari Pemerintah Kota Banda Aceh. Mereka dinilai berhasil menjadikan Banda Aceh meraih penghargaan Adipura tingkat Provinsi Aceh.

"Dengan adanya bonus ini, kami ingin tingkatkan lagi keberhasilan di Kota Banda Aceh. Kami target tahun ini Banda Aceh meraih Adipura tingkat nasional," kata anggota pasukan oranye, M Arif (51), kepada wartawan di Kantor DLHK3 Banda Aceh, Kamis (8/8/2019).



Menurutnya, petugas kebersihan di Kota Banda Aceh sudah bekerja maksimal untuk membersihkan dan mengangkut sampah. Namun kendala sekarang adalah masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan.

"Masyarakat kurang disiplin. Masih buang sampah sembarangan. Masih banyak kadang-kadang udah diimbau denda tapi masyarakat kurang peduli," jelas Arief.

"Kadang di sungai kita bersihkan, tapi dibuang lagi. Di jalan baru kita sapu, kita siram pakai mobil, tapi dibuang juga (sampahnya). Jadi kesadaran masyarakat masih kurang," ujarnya.

Arief berharap masyarakat Kota Banda Aceh lebih peduli terhadap lingkungannya. Terlebih sekarang sudah ada peraturan denda bagi pembuang sampah sembarangan.



Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengaku bonus sebesar Rp 127 juta yang diberikan untuk pasukan oranye sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras mereka. Dia meminta pasukan oranye bekerja lebih giat lagi.

"Ini ada yang kita kejar lagi. Sudah dapat Adipura dari provinsi, kita ingin kejar lagi Adipura tingkat nasional. Kalau dapat Adipura nasional kita siapkan bonus Rp 500 juta," ungkap Aminullah.

"Hendaknya ini semua menjadi pemicu semangat kita menghadirkan Banda Aceh yang bersih, indah, dan nyaman," imbuhnya.




Tonton Video Aksi Apel Siaga Umat FUI Selesai, Giliran Pasukan Oranye Beraksi:

[Gambas:Video 20detik]


(agse/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com