detikNews
Rabu 07 Agustus 2019, 20:05 WIB

Botol Air Kemasan 100% Daur Ulang Ini Kini Hadir di Jakarta

Akfa Nasrulhak - detikNews
Botol Air Kemasan 100% Daur Ulang Ini Kini Hadir di Jakarta Foto: Akfa Nasrulhak/detikcom
Jakarta - PT Tirta Investama, perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) merek Danone Aqua, meluncurkan kemasan terbarunya bernama Aqua Life di Jakarta. Kemasan ini terbuat dari 100 persen bahan daur ulang. Sebelumnya, Aqua Life juga diluncurkan di Bali pada Oktober 2018.

"Nah, hari ini kita meluncurkan apa yang namanya Aqua Life, itu produk botol dengan 100 persen recycle pertama di Indonesia. Ini menunjukkan komitmen Aqua untuk bisa tidak hanya mengumpulkan plastik tapi juga untuk memastikan bahwa hidrasi sehat dalam kemasan yang bisa lebih ramah lingkungan hadir untuk masyarakat di Indonesia," ujar VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto di sela-sela peluncuran Aqua Life di Main Atrium Gandaria City, Jakarta, Rabu (7/8/2019).


Menurut Vera, kemasan berbahan recycled polyethylene terephthalate (rPET) atau PET daur ulang ini merupakan bagian dari kampanye #BijakBerplastik yang dicanangkan pada 2018. Ada tiga pilar yang menjadi komitmen Aqua dalam kampanye tersebut untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia, yakni Pengembangan Infrastruktur Pengumpulan Sampah, Edukasi Konsumen, dan Inovasi Kemasan Produk.

"Ini adalah salah satu pilar dari #BijakBerplastik yang kita canangkan tahun lalu, karena sebenarnya juga ada edukasi, kemudian collection dan inovasi, " ujarnya.


Selain melakukan inovasi kemasan, Aqua mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada 2025. Karena itu, Aqua berusaha akan mengumpulkan lebih banyak botol plastik daripada yang diproduksi.

"Kami menargetkan di tahun 2025 kami dapat mencapai ambisi kami untuk mengumpulkan lebih banyak plastik daripada yang kami gunakan, memastikan seluruh kemasan kami dapat didaur ulang, serta meningkatkan proporsi konten daur ulang dalam botol kami menjadi 50 persen," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Ngakan Timur Antar mengatakan pihaknya dari sisi Pemerintah menghargai upaya Aqua untuk peduli terhadap lingkungan, selain dari pengembangan industri.

"Kami menghargai upaya yang dilakukan oleh perusahaan swasta seperti Danone Aqua dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan berbagai upaya terkait pengelolaan sampah plastik," ujar Ngakan.

Menurut Ngakan, saat ini penting untuk mulai mengembangkan model manajemen ekonomi sirkular yang dapat melahirkan siklus ekonomi baru bagi masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungan.

"Kami selalu support Industri, sepanjang mereka bisa meningkatkan produksinya, bisa menyerap tenaga kerja, kita selalu support. Tapi di lain pihak mereka juga harus mengikuti aturan yang ada, dari sisi lingkungan, " ujarnya.

"Industri memang akan memberikan dampak seperti emosi gas rumah kaca, tapi juga dampak positifnya banyak seperti menghidupkan ekonomi. Jadi 2 sisi ini tidak bisa diambil salah satu," tambahnya.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com