detikNews
2019/08/06 21:04:07 WIB

Round-Up

Kisah Santri Blasteran Prancis Siap Jadi Calon Perwira TNI

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kisah Santri Blasteran Prancis Siap Jadi Calon Perwira TNI Enzo Zenz Allie, taruna Akmil keturunan Prancis (Foto: Situs TNI AD)
Jakarta - Sosok Enzo Zenz Allie viral dan ramai dibahas beberapa hari terakhir. Begini kisah tentang taruna Akademi Militer (Akmil) keturunan Prancis itu.

Viralnya sosok Enzo berawal dari keberadannya di Sidang Pantukhir terhadap seluruh Calon Taruna dan Taruni Akademi Militer di Magelang pada Jumat (2/8/2019). Keberadaannya ternyata menarik perhatian Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto. Begini rangkaian kisah Enzo

Anak Yatim, Besar di Prancis

Enzo Zenz Allie adalah anak dari warga Prancis bernama Jean Paul Francois Allie dan warga Indonesia bernama Siti Hajah Tilaria. Ayah Enzo meninggal karena sakit jantung di New Caledonia pada 2012.

Masa kecil Enzo dihabiskan di Prancis. Setelah sang ayah meninggal, Enzo ikut ibunya ke Indonesia.

Masa kecil Enzo / Masa kecil Enzo / Foto: Situs TNI AD



Pernah Mondok, Fasih 4 Bahasa

"Dia lalu mondok di salah satu pondok pesantren di Banten. Enzo adalah lulusan madrasah di pesantren di Banten. Dia fasih bahasa Arab, bahasa Prancis, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris," kata Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi saat dihubungi, Selasa (6/8/2019).

Kemampuan Bahasa Prancis Enzo dibuktikan saat 'diwawancara' oleh Panglima TNI. Keduanya tanya jawab dalam Bahasa Prancis.

"Je suis Indonésien, ma mère Sundanaise, mon père Français," kata Enzo.

"Sundanaise?" tanya Panglima TNI.

"Oui, Monsieur," jawab Enzo.



Selain sosok Enzo, bahasa Prancis Marsekal Hadi yang fasih ternyata menarik perhatian netizen. Ternyata, Marsekal Hadi pernah menempuh pendidikan di Prancis.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com