detikNews
Jumat 02 Agustus 2019, 14:48 WIB

Mutasi Polri, Dankor Brimob Jadi Kapolda Kalteng

Audrey Santoso - detikNews
Mutasi Polri, Dankor Brimob Jadi Kapolda Kalteng Ilustrasi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi sejumlah perwira tinggi (pati). Salah satunya yang bertukar jabatan adalah Dankor Brimob Irjen Ilham Salahudin, yang mendapat tugas menjadi Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Mutasi jabatan ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2023/VIII/KEP./2019 tertanggal Jumat (2/8/2019) dan ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Eko Indra Heri. Ilham menggantikan Irjen Anang Revandoko, yang ditugaskan menjadi Dankor Brimob yang baru.

Rotasi jabatan ini disebut sebagai tour of duty dan penyegaran di tubuh Polri. Pergantian posisi ini juga disebut sebagai bentuk penghargaan atau reward.



"Ya betul, ada rotasi jabatan. Hal ini dilakukan dalam tour of duty, penyegaran, dan reward. Di antara jabatan Kapolda Kalteng, Kakorbrimob, beberapa wakapolda, kapolres, dan lainnya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2019).

Dedi mengatakan rotasi yang dilakukan terhadap Irjen Ilham merupakan bentuk reward. Ilham disebut berhasil memimpin pasukan pengamanan pemilu di wilayah Ibu Kota.

"Untuk Dankor Brimob sebagai reward atas keberhasilan beliau memimpin pasukan dalam pengamanan pemilu di wilayah dan pengamanan pemilu di Ibu Kota," sambung Dedi.

Dalam telegram itu juga tertuang mutasi jabatan Wakapolda DIY, Sulawesi Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Lampung, dan Bangka Belitung.

Jabatan Wakapolda DIY, yang saat ini diisi oleh Brigjen Bimo Anggoro Seno, diserahkan kepada Brigjen Karyoto. Jabatan Wakapolda Sulawesi Utara, yang saat ini diemban Brigjen Karyoto, akan diserahkan kepada Brigjen Alexander Marten Mandalika.



Selanjutnya, jabatan Wakapolda Jambi, yang saat ini diisi Brigjen Ahmay Haydar, akan diserahkan ke Brigjen Charles Bonardo. Jabatan Wakapolda Sumatera Selatan, yang saat ini diisi Brigjen Denni Gapril, akan diserahkan ke Brigjen Brigjen Rudi Setiawan.

Kemudian jabatan Wakapolda Lampung diserahkan dari Brigjen Rudi ke Brigjen Sudarsono. Brigjen Sri Handayani juga akan melepas jabatan Wakapolda Kalimantan Barat dan akan digantikan oleh Brigjen Imam Sugianto.
(aud/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com