detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 12:07 WIB

3 WN Iran Pelaku Hipnotis Diciduk di Tabanan Bali

Tim detikcom - detikNews
3 WN Iran Pelaku Hipnotis Diciduk di Tabanan Bali Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Denpasar - Polisi menangkap 3 WNA asal Iran yang terlibat kasus pencurian dengan modus menggunakan hipnotis. Mereka sudah beraksi beberapa kali di sejumlah kabupaten di Bali.

"Para pelaku melakukan kejahatan dengan cara menghipnotis korbannya pada Minggu (28/7) lalu, dengan korban yang penjaga toko yakni Ni Made Putri Artyani," kata Kasat Reskrim Polres Tabanan AKP I Made Prama, di Tabanan, yang dikutip dari Antara, Selasa (30/7/2019).

Ketiga pelaku itu ialah, Reza Ghanaati Pour (26), Seyed Ali Mirsshhrez (49), dan Reza Hussain (25). Ketika mendampingi Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa, ia menjelaskan korban dihipnotis saat sedang berjaga di Toko UD Sari Nadi di Banjar Baturiti Kaja, Desa/Kecamatan Baturiti, Tabanan, namun tiga pelaku dan barang bukti sudah di tangan polisi.

"Saat ini, polisi sedang melakukan pemeriksaan terhadap tiga pelaku WNA tersebut, kalau selesai pemeriksaan akan kami beberkan kronologis penangkapannya," ujarnya.



Informasi lain menyebutkan bahwa aksi warga negara asing melakukan tindak kejahatan di TKP terekam di CCTV Toko UD Sari Nadi. Pantauan CCTV, para pelaku menyeberang jalan, lalu mereka masuk ke Toko UD Sari Nadi.

Di dalam toko, mereka berkomunikasi dengan korban. Saat pelaku lainnya berkomunikasi dengan korban, kemudian salah satu pelaku mengambil uang di dalam laci dan akhirnya keluar. Korban yang diduga masih dalam pengaruh hipnotis tersebut, sempat mengantar sampai di depan toko. Made Putri Artyani mengaku tidak menaruh curiga terhadap pelaku yang datang ke toko dengan alasan membeli bawang.



Dia mengira dua bule tersebut benar-benar berbelanja seperti langganan yang lain. Namun 3 WN Iran itu menghipnotis Putri dan membawa uang Rp 8 jutaan.

"Tidak ada curiga saya, meski bule ini datang dengan jalan kaki," ujar Putri.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com