detikNews
Senin 29 Juli 2019, 19:31 WIB

Tekan Polusi, Anies Minta Kendaraan Berat Masuk JORR harus Lulus Uji Emisi

Zunita Putri - detikNews
Tekan Polusi, Anies Minta Kendaraan Berat Masuk JORR harus Lulus Uji Emisi Ilustrasi kondisi di Tol JORR (Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Bahaya Polusi Jakarta
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan mengurangi sumber polusi. Dia mengatakan akan berkoordinasi dengan pengelola jalan tol.

"Untuk ini kita masih akan menghadapi situasi ini, beberapa waktu ke depan dengan kemarau amat tinggi. Jadi usaha kita tentu kita dorong lebih banyak lagi pengurangan di sumbernya. Pengurangan pertama adalah di kendaraan bermotor kami juga sedang akan koordinasi dengan pengelola jalan tol," kata Anies di GOR Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (29/7/2019).


Anies mengaku heran karena berdasarkan pemantauan Pemprov, polusi amat tinggi di pagi hari. Dia mengatakan akan bicara dengan pengelola tol terkait aktivitas kendaraan berat di Tol Lingkar Luar (Jakarta Outer Ring Road atau JORR).

"Dan salah satu kecurigaan kita ingin bicara pengelola jalan tol. Di jalan-jalan JORR (Jakarta Outer Ring Road) dan sekitarnya di malam hari justru terjadi kepadatan kendaraan-kendaraan berat. Yang volume cukup besar jadi pemantau alat ukur kita di daerah selatan, Jagakarsa itu justru tinggi," tutur Anies.

Anies ingin kendaraan-kendaraan berat yang masuk Tol JORR memenuhi standar emisi. Dia ingin hal ini bisa dipastikan sesegera mungkin.


"Padahal daerah selatan bukan daerah paling padat ya tapi justru tinggi karena itu kita mau lihat. Nanti kita pastikan kendaraan-kendaraan berat yang memasuki wilayah JORR itu mereka penuhi standar emisi sehingga nggak timbulkan masalah," kata dia.

"(Mulai) Sesegera mungkin," tambahnya.


Sebelumnya diberitakan, selama beberapa hari terakhir, kondisi udara di Jakarta dinyatakan tak sehat oleh AirVisual. Jakarta termasuk menjadi kota paling berpolusi di dunia.

Anies sebelumnya musim kemarau jadi salah satu penyebab polusi di Jakarta makin parah. Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Andono Warih menyebut polusi di Jakarta parah karena sedang banyak berlangsung proyek pelebaran trotoar.


Simak Juga 'Begini Kondisi Proyek Trotoar yang Disebut Perparah Polusi Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fjp)
FOKUS BERITA: Bahaya Polusi Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com