detikNews
Senin 29 Juli 2019, 17:36 WIB

Pakai Ganja, Desainer dari Sydney Dibui 1 Tahun di Bali

Tim detikcom - detikNews
Pakai Ganja, Desainer dari Sydney Dibui 1 Tahun di Bali PN Denpasar (Dita/detikcom)
Denpasar - Desainer asal Sydney, Australia, Kim Anne Alloggia, divonis 1 tahun penjara karena kasus tindak pidana narkotika, berupa cairan berwarna kuning yang mengandung ganja. Ia memesan kepada temannya yang berkebangsaan AS.

"Mengadili, menyatakan Kim Anne Alloggia telah terbukti sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi dari sendiri sebagaimana dalam dakwaan alternatif ketiga penuntut umum," kata ketua majelis hakim I Made Pasek di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, sebagaimana dilansir Antara, Senin (29/7/2019).



Selain itu, dalam uraiannya, majelis hakim menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan.

"Memerintahkan terdakwa menjalani pengobatan dan perawatan melalui rehabilitasi media dan sosial di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bali," kata I Made Pasek.

Atas perbuatannya, terdakwa terbukti bersalah melakukan tindakan pidana 'penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri' sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dari hasil penimbangan, terhadap terdakwa didapat satu buah tabung berisi cairan berwarna kuning dengan berat kotor 16,41 gram dan berat bersih 0,57 gram. Selanjutnya, cairan berwarna kuning tersebut disisihkan untuk pemeriksaan laboratorium.

Sebelumnya, terdakwa, yang juga bekerja sebagai desainer, memesan barang berupa pewarna pakaian kepada teman terdakwa yang berada di Amerika Serikat, Kim E Artist. Lalu terdakwa meminta Kim E Artist mengirimkan barang tersebut kepada saksi I Komang Gede Happy Darmawan di Jalan Sedap Malam, Desa Kesiman, Denpasar.

Akhirnya, paket tersebut tiba di Kantor Pos Besar Renon, Denpasar, dan ketika dilakukan pemeriksaan dicurigai terdapat barang berupa narkotika. Barang yang sudah tiba selama empat hari di Bali, atas perintah terdakwa, maka I Komang Gede Happy Darmawan mengambil paket tersebut di Kantor Pos sesuai dengan nomer resi yang diterima.



Paket yang sudah diterima I Komang Gede Happy Darmawan diserahkan kepada terdakwa, yang berada di Desa Seminyak, Kabupaten Badung, pada 2 Maret 2019. Pada saat yang bersamaan, dilakukan penangkapan oleh pihak kepolisian Polresta Denpasar.

Dari penangkapan tersebut, didapat barang bukti berupa tiga buah tabung plastik besar dan 22 tabung plastik kecil berisi serbuk pewarna pakaian, satu rokok elektrik beserta charger-nya, dan satu buah tabung plastik.

Selain sebagai pengguna narkotika jenis ganja, terdakwa menggunakan narkotika jenis kokain. Dalam hal ini, dari uraian jaksa, terdakwa juga menderita gangguan jiwa jenis PTSD (post-traumatic stress disorder). Terdakwa menggunakan ganja dengan alasan agar merasa tenang dan tidak cemas untuk melupakan kekerasan yang pernah dialami terdakwa.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com