detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 12:47 WIB

Penyidik KPK Sita Sejumlah Dokumen dari Kantor Dishub Kepri

Tim detikcom - detikNews
Penyidik KPK Sita Sejumlah Dokumen dari Kantor Dishub Kepri KPK sita tiga koper diduga berisi dokumeb dari kantor Dishub Kepri di Tanjungpinang. (Ogen)
Tanjungpinang - Penyidik KPK menggeledah kantor Dishub Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terkait kasus suap Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Penyidik membawa sejumlah dokumen dalam penggeledahan itu,

Penggeledahan dilakukan di Jalan Raja Haji Fisabilillah Km 5, Tanjungpinang, Selasa (23/7/2019), mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Terlihat petugas membawa koper-koper yang di dalamnya terdapat dokumen.

Pantauan di lapangan, koper-koper tersebut langsung diangkut tujuh petugas KPK yang mengenakan masker. Tampak sejumlah anggota Polres Tanjungpinang berseragam lengkap dengan senjata laras panjang ikut masuk ke mobil untuk mengawal barang bukti hasil penggeledahan tersebut.



"Kami tidak tahu dokumen itu mau dibawa ke mana. Polisi hanya diminta mengawal saja," kata Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Ali dikutip Antara.

Juru bicara KPK Febri Diansyah membenarkan timnya menggeledah kantor Dishub Kepri. "Iya, hari ini tim kami sedang ada kegiatan penggeledahan di Dishub Kepri," kata Febri melalui pesan singkat.

Penggeledahan ini terkait suap perizinan reklamasi di Kepri. Dalam kasus ini, KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap perizinan reklamasi di Kepri. Mereka ialah:

Diduga sebagai penerima:
1. Nurdin Basirun sebagai Gubernur Kepri;
2. Edy Sofyan sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemprov Kepri;
3. Budi Hartono sebagai Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Pemprov Kepri; dan

Diduga sebagai pemberi:
4. Abu Bakar sebagai swasta.


Melihat dari Langit saat KPK Geledah Rumah Dinas Gubernur Kepri:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com