detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 10:14 WIB

Anies, Lulung, hingga Hidayat Nur Wahid Hadiri Lebaran Betawi di Monas

Faiq Hidayat - detikNews
Anies, Lulung, hingga Hidayat Nur Wahid Hadiri Lebaran Betawi di Monas Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar acara Lebaran Betawi di Lapangan Monas, Jakarta, hari ini, Minggu (21/7/2019). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menghadiri acara tersebut.

Pantauan detikcom di Lapangan Monas, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (21/7), semua pemerintah kota administrasi Jakarta Pusat hingga Kepulauan Seribu menunjukkan kesenian Betawi, seperti tarian ondel-ondel di depan panggung. Selain itu, ada beberapa panggung hiburan.


Anies, yang menghadiri acara itu dengan mengenakan beskap Betawi warna hitam, didampingi sang istri, Fery Farhati, duduk di depan panggung acara. Selain Anies, hadir juga Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Jakarta Abraham Lunggana atau Lulung dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Warga Jakarta juga memadati acara tersebut dengan melihat panggung-panggung hiburan. Beberapa puisi juga dibacakan dalam acara ini.

"Pakai sendal pakai sepatu, jangan sampai kecebur empang. Kalau lihat kita bersatu, yang lain jadi gampang," kata panitia acara.


Lebaran Betawi ini digelar sejak Jumat (19/7). Festival ini menampilkan semua ciri khas budaya Betawi.

Pameran yang digelar di Monas dibagi menjadi lima blok. Setiap pemerintahan kota (pemkot) mendirikan stan dengan ornamen yang berbeda. Antar-blok juga memiliki panggung yang diisi oleh acara masing-masing.


(fai/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com