detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 16:19 WIB

Usai Kunker ke Kolombia dan AS, Anies: Ini Bukan Studi Banding

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Usai Kunker ke Kolombia dan AS, Anies: Ini Bukan Studi Banding Foto: Anies Baswedan (Fida/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kunjungan ke Kolombia hingga Amerika Serikat (AS) bukan hanya studi banding. Dalam kunjungan itu, Anies menuturkan dirinya memberikan ceramah dan berbicara soal investasi di Jakarta.

"Kita semua justru ke sana hadir dan insyaallah kami memiliki jaringan yang cukup luas untuk ditarik ke Jakarta. Jadi pergi itu bukan untuk nonton studi banding, bukan. Justru ke sana memberikan ceramah, memberikan paparan, meyakinkan masyarakat dunia bahwa Jakarta siap," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019).

Anies menuturkan kunjungannya akan membawa dampak yang besar bagi DKI Jakarta di masa depan. Dia menceritakan kunjungannya paling akhir ke Washington yaitu untuk membahas investasi.


"Kita dengan US-Asean Business Council kita. Melakukan pembahasan terkait dengan bagaimana Jakarta bisa memfasilitasi lebih banyak kegiatan perdagangan. Kegiatan investasi yang bisa menyerap tenaga kerja di Jakarta dan pembicaraan berlangsung produktif," jelas Anies.

Anies juga membahas masalah pangan dan kesehatan. Dia mengatakan nantinya ada kerja sama dalam bidang pangan dan kesehatan dengan negara lain.

"Kedua bahas masalah pangan, dan kualitas kesehatan dari bahasa pasokan pangan yang ada," tutur Anies.


Anies juga bertemu dalam forum yang diselenggarakan US-Indonesia Society. Forum tersebut dihadiri akademisi hingga perusahaan yang punya ketertarikan dengan Jakarta.

"Di situ saya paparkan tentang apa-apa saja yang Jakarta kerjakan dan perhatian dari masyarakat di Washington pada Jakarta dan Indonesia amat besar," jelas Anies.

Selain itu, terdapat perbincangan soal Formula E. Dia mengaku sudah membahas kemungkinan kerja sama sejak 3 bulan lalu.

"Saya secara khusus kesana kaitannya dengan rencana untuk mengadakan kegiatan balap mobil Formula E dan pembicaraan sudah kita lakukan 2 atau 3 bulan yang lalu," ucapnya.

Terakhir, kunjungan ke Kolombia bertemu dengan wali kota sedunia. Anies mengaku bertukar pikiran dengan para wali kota yang hadir.

"Kita memberikan paparan tentang apa yang sudah dikerjakan di Jakarta dan bagaimana pengalaman di Jakarta bisa menjadi manfaat bagi yang lain. Sekaligus juga kesempatan untuk saling bertukar pikiran," tuturnya.
(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com