detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 11:25 WIB

Polisi: Tulisan Lulus Sensor di Konten 'Ikan Asin' Diduga Palsu

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi: Tulisan Lulus Sensor di Konten Ikan Asin Diduga Palsu Foto: dok. istimewa
Jakarta - YouTuber Rey Utami dan Pablo Benua memasang tulisan 'Telah Lulus Sensor' di konten 'Mulut Sampah', yang berisi percakapan Galih Ginanjar soal 'ikan asin'. Namun keterangan 'lulus sensor' yang mencatut Lembaga Sensor Film (LSF) di konten tersebut diduga palsu.

"Tampilan informasi elektronik keterangan lulus sensor pada (menit ke) 00:58 diduga palsu," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (19/7/2019).

Polisi telah memeriksa pihak LSF terkait distribusi informasi tersebut. Tulisan 'Lembaga Sensor Film Menyatakan Telah Lulus Sensor' tertera di konten 'Mulut Sampah' di akun Rey Utami & Benua berjudul 'GALIH GINANJAR SAPUTRA CERITA MASA LALU!' yang berdurasi 32,06 menit.


Menurut keterangan dari pihak Sensor Film Jakarta Selatan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin sensor atas tayangan di konten 'Mulut Sampah' tersebut.

"Bahwa lembaga sensor film tidak pernah mengeluarkan izin 'telah lulus sensor' pada video yang di unggah di media sosial YouTube," katanya.

Rey Utami dan Pablo Benua juga tidak pernah datang ke kantor Lembaga Sensor Film untuk mengajukan izin sensor terkait tayangannya itu.

"Bahwa video semacam tulisan yang menyatakan telah lulus sensor, tetapi setelah kami teliti, judul tersebut tidak pernah masuk untuk disensorkan ke lembaga sensor film," kata Argo menirukan keterangan saksi.






Simak Video "LSF Bantah Sudah Keluarkan Izin Sensor untuk Konten 'Ikan Asin'"
[Gambas:Video 20detik]

(mea/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com