detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 20:03 WIB

Lapor Human Trafficking ke Jokowi, PSI: Jika Diperlukan Beliau Siap Jemput

Ray Jordan - detikNews
Lapor Human Trafficking ke Jokowi, PSI: Jika Diperlukan Beliau Siap Jemput Ketum PSI Grace Natalie (Tengah) (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Sejumlah pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta. PSI melaporkan soal kasus perdagangan manusia (human trafficking) yang dialami sejumlah WNI.

"Jadi kami sampaikan kepada beliau berbagai update, termasuk yang kami advokasi terkait dengan ada sejumlah perempuan Indonesia yang jadi korban human trafficking dan masih tertahan di luar negeri, belum bisa pulang," kata Ketua Umum PSI Grace Natalie setelah bertemu dengan Jokowi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2019).


Grace mengatakan laporan mereka ditanggapi baik oleh Jokowi. Bahkan Jokowi langsung menghubungi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi terkait persoalan tersebut.

"Tadi kami sampaikan dan beliau langsung telepon Menlu agar segera diurus," katanya.

Grace mengatakan korban human trafficking tersebut banyak yang berasal dari Jawa Barat. Ada yang sudah satu tahun tertahan di China.


"Sekarang mereka di KBRI Beijing, tapi mereka nggak bisa pulang. Kami pernah buat konpers di kantor dengan video call, waktu itu ketika mereka curi-curi waktu. Jadi mereka ditipu, mau dapat pekerjaan, nggak tahunya begitu sampai di sana mereka dikawini, diperlakukan, dipaksa berhubungan yang tidak normal, dan kaya tahanan, dikasih makan lewat jendela dan sebagainya. Itu sudah setahun mandek," jelasnya.

Grace mengatakan, saat berbincang tersebut, Jokowi mengaku sudah mendengar persoalan yang dilaporkan PSI tersebut. Namun Grace mengaku Jokowi heran karena korban perdagagan manusia tersebut belum pulang ke Tanah Air.


Bahkan, menurut Grace, jika diperlukan, Jokowi siap menjemput WNI yang jadi korban perdagangan manusia tersebut.

"Beliau bilang, 'Oh ya, saya sudah pernah dengar yang ini. Masak, belum pulang?' Jadi langsung minta ajudan telepon ke Menlu. Tadi kita mendengar beliau kasih instruksi, 'Ini harus segera dipulangkan. Kalau perlu saya jemput'. Begitu kata beliau," ujar Grace.

Simak Video "Jelang Pelantikan DPRD DKI, PSI Boikot Anggotanya Kunker"
[Gambas:Video 20detik]

(jor/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com