detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 15:40 WIB

Impian Basaria Pandjaitan untuk KPK: Pencegahan Hingga Tak Ada Penindakan

Zunita Putri - detikNews
Impian Basaria Pandjaitan untuk KPK: Pencegahan Hingga Tak Ada Penindakan Foto: Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan (Ari Saputra-detikcom).
Jakarta - Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengaku telah menuangkan beberapa gagasan baru di makalah yang diserahkan kepada Pansel KPK dalam uji kompetensi calon pimpinan (capim) KPK. Salah satu gagasan barunya adalah akan membuat kordinasi dan supervisi (Korsup) pencegahan di 34 Provinsi Indonesia.

"Kita sekarang membuat ada 9 forum Wilayah (korsup penindakan pencegahan), itu nanti akan tingkatkan ke 34 provinsi dengan harapan, nanti setiap provinsi memiliki Korsup penindakan dan pencegahan," kata Basaria usai tahapan tes seleksi di Pusdiklat Setneg, Jalan Gaharu I, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (17/7/2019).

Basaria berharap dengan gagasan baru nya ini, jika nanti dia terpilih tidak akan ada lagi korupsi di Indonesia. Dia mengatakan KPK ke depan akan terus melakukan kegiatan pencegahan ke seluruh wilayah Indonesia.

"Diharapkan nantinya, kalau 34 provinsi sudah ada, diharapkan pencegahan korupsi bisa dimulai dari awal, sehingga tidak perlu lagi dilakukan penindakan, itu yang kita harapkan," katanya.

Dia juga mengaku optimis akan lolos pada tahap berikutnya. Meski begitu dia menyerahkan semuanya pada Pansel.

"Kalau lulus yang tentuin pansel, tapi kalau sudah bertindak kita harus optimis," ucapnya.


Terkait ada atau tidak kesulitan saat menjawab 70 pertanyaan Pansel, Basaria mengaku tak ada kesulitan. Dia mengaku sudah terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan pansel.

"Soal-nya hampir sekitar itu (tahun lalu) juga. Jadi tidak kebingungan, mungkin karena kita sudah dua kali ya, kesulitannya nulisnya agak lama. Kalau dulu harus mikir dan nulis. Kalau sekarang mikirnya agak kurang ya," jelasnya.

Simak Video "Masih Adakah Harapan di Tengah Banjir kritikan Capim KPK Ini?"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com