detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 10:11 WIB

Pemprov: Jabatan Sekda DKI Diperpanjang Kemendagri

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov: Jabatan Sekda DKI Diperpanjang Kemendagri Foto: Sekda DKI Saefullah. (Zhacky-detikcom)
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyetujui perpanjangan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. Perpanjangan itu berdasarkan atas rekomendasi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Masa jabatan Pak Sekda itu sudah lima tahun. Namun, diperpanjang kembali dalam surat perpanjangan sudah turun dari Kemendagri," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta, Chaidir, saat dihubungi, Rabu (17/7/2019).

Menurut Chaidir, Anies menilai Saefullah bekerja dengan baik sehingga seharusnya hari ini masa jabatan habis tapi diperpanjang. "(Alasan) kinerja. Pak Sekda kan masih bagus kinerjanya. Kompetensi masih bagus," ujar Chaidir.

Saefullah akan mengemban jabatan paling lama lima tahun. Dia bisa diberhentikan oleh Gubernur DKI Jakarta di tengah jalan.

"Tergantung Pak Gubernur nanti (sampai kapan). Nggak ngunci lima tahun," ucap Chaidir.

Chaidir menyebut perpanjangan masa jabatan Saefullah tidak melanggar aturan. Semua proses sudah dilakukan hingga konsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Pertama, sesuai dengan UU ASN, nomor 5 tahun 2014 pasal 117, bahwa Aparatur Sipil Negara ditegaskan jabatan tingginya hanya bisa diduduki paling lama lima tahun," ucap Chaidir.

"Dan dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja dan kesesuaian, kompetensi, dan kebutuhan instansi yang telah dapat persetujuan dinas kepegawaian dan berkoordinasi dengan KASN. Semua sudah penuhi syarat," imbuhnya.



Simak Video "Sisa Penebangan Pohon di Kawasan Cikini"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com