detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 10:10 WIB

Sinyal Kuat Munas Golkar Diikuti Lebih dari 1 Calon Ketum

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sinyal Kuat Munas Golkar Diikuti Lebih dari 1 Calon Ketum Golkar (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Eks Wasekjen DPP Partai Golkar Lalu Mara Satriawangsa menilai pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Bambang Soesatyo (Bamsoet) beberapa waktu lalu berkaitan dengan persaingan perebutan pucuk pimpinan Partai Golkar. Dia menangkap sinyal Munas Golkar bakal diramaikan lebih dari 1 calon ketum partai berlambang beringin itu.

"Setelah Bambang Soesatyo diterima Presiden Jokowi, sinyal kuatnya adalah pemilihan Ketua Umum Partai Golkar dipastikan akan diikuti lebih dari satu calon ketua umum," kata Lalu Mara dalam keterangan tertulis.


Sejauh ini baru Airlangga Hartarto, petahana Ketum Golkar, dan Bamsoet yang akan maju di Munas Golkar. Dengan adanya pertemuan Jokowi dan Bamsoet, Lalu Mara memandang kecil kemungkinan munas berlangsung secara aklamasi.

Dia mengatakan Munas Golkar memilih langsung ketum sesuai dengan AD/ART. "Pemilihan secara langsung diikuti pemilik suara. Yaitu DPD II, DPD I, serta ormas yang mendirikan dan didirikan," jelasnya.

Menurut Lalu Mara, jadwal Rapimnas untuk menetapkan tempat dan waktu pelaksanaan munas belum ada sampai saat ini. Sebab, rapat pleno harian juga belum diselenggarakan. Namun, menurutnya, Munas Golkar bisa dipastikan berlangsung pada Desember 2019 sesuai dengan saran Dewan Pembina.


Kembali ke soal pertemuan Jokowi-Bamsoet, Lalu Mara melihat ada sinyal tertentu. Dalam pertemuan itu, Jokowi disebut mengemukakan harapan agar Golkar kembali menjadi rumah besar bagi purnawirawan keluarga besar TNI/Polri.

"Yang menarik, Bamsoet adalah dari unsur keluarga ABRI (TNI). Sementara Airlangga dari unsur birokrat," tuturnya.


Didukung BJ Habibie Jadi Ketum Golkar, Bamsoet: Semakin Mantap

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Airlangga Beri Pembekalan ke Caleg Golkar, Tak Bahas Munas"
[Gambas:Video 20detik]

(gbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com