detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 15:25 WIB

Guru Honorer Tinggal di WC SD Pandeglang, Ini Kata JK

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Guru Honorer Tinggal di WC SD Pandeglang, Ini Kata JK Guru honorer di Pandeglang yang tinggal di toilet sekolah/Foto: Bahtiar Rifa'i
Jakarta - Guru Honorer SD Negeri Karyabuana 3, Pandeglang, Nining Suryani (46), terpaksa menggunakan toilet sekolah sebagai tempat tinggal. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyarankan agar Nining ikut mendaftar sebagai PNS atau seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

"Itu lah kenapa pemerintah mengangkat guru setiap tahun. Cukup besar. Itu sampai 100.000 setiap tahun. Namun juga harus melalui seleksi-seleksi yang baik. Karena kita bukan hanya memburu jumlah guru. Tetapi juga kualitas guru," kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019).

JK meyakini Nining sudah berusaha untuk mendaftar sebagai PNS. Dia berharap Nining akan lolos seleksi.




"Saya yakin Bu Nining ini juga sudah berusaha dengan baik. Namun juga kriteria-kriteria yang ada harus dipertahankan karena kita ingin juga kualitas pendidikan baik. Tapi saya juga yakin Ibu Nining berusaha meningkatkannya pasti akan terpilih pada waktunya," ujarnya.

Selain itu, JK menyarankan agar Nining ikut seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dia mengatakan gaji PPPK lebih tinggi dari UMR.

"Ya selama ini kan menambah PNS. Bukan menambah, mengisi lowongan-lowongan yang ada. Sehingga honorer seperti itu, selama memenuhi syarat ya. Tidak semua, itu akan terangkat. Kalau endak dia menjadi guru dengan dasar kontrak. PNS dengan dasar kontrak PNS PPPK," jelas JK.





Nining diketahui tinggal dengan suaminya, Ebi Husaebi (46). Keduanya memanfaatkan toilet sekolah sejak dua tahun lalu.

"Sudah dua tahun tinggal. Nggak punya rumah, rumahnya roboh. Mau mendirikan lagi uangnya nggak ada, buat anak sekolah," kata Nining saat didatangi wartawan di Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten, Senin (15/7).





Toilet untuk guru dan murid SD itu ia gunakan untuk dapur dan ada tempat salat. Sekat temboknya ia gunakan untuk tempat tidur dan warung yang menjual aneka camilan untuk anak sekolah

Nining mengaku pindah ke lingkungan sekolah karena rumah yang lama di Cigeulis roboh. Karena tidak ada biaya, mereka meminta izin kepada kepala sekolah untuk memanfaatkan toilet sekolah dan bagian sampingnya.

"WC-nya nggak direnovasi, saya naruh kompor," ujar Nining.


Guru Honorer SD di Pandeglang Tinggal di WC Sekolah:

[Gambas:Video 20detik]



Guru Honorer Tinggal di WC SD Pandeglang, Ini Kata JK


Simak Video "Jusuf Kalla Ngaku Belum Tahu Soal Posisi Wantimpres"
[Gambas:Video 20detik]

(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com