detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 13:47 WIB

Mendagri Sebut 10 Syarat Belum Dipenuhi, FPI: Tinggal Rekomendasi Kemenag

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Mendagri Sebut 10 Syarat Belum Dipenuhi, FPI: Tinggal Rekomendasi Kemenag Ilustrasi FPI (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut ada 10 syarat yang belum dipenuhi Front Pembela Islam (FPI) terkait perpanjangan izin Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Ormas. FPI menjawab syarat yang belum dilengkapi tinggal rekomendasi dari Kementerian Agama.

"Kalau seingat saya tinggal 2. Tapi kalau misalnya 10 saya harus cek dulu ke teman-teman yang ngurus. Seingat saya pada waktu itu, domisili dan rekomendasi Kementerian Agama," ujar Ketua Bantuan Hukum FPI, Sugito Atmo Prawiro, kepada wartawan, Selasa (16/7/2019).



Pernyataan senada disampaikan Juru Bicara FPI, Slamet Maarif. Menurut Slamet, FPI sudah menerima surat dari dari Kemendagri terkait permintaan kelengkapan berkas surat perpanjangan izin SKT Ormas.

"Sudah ada surat jawaban dari Kemendagri, yang intinya minta kelengkapan berkas. Tinggal tunggu rekomendasi Kemenag. Ok semua," kata Slamet saat dimintai konfirmasi terpisah.



Mendagri Tjahjo Kumolo sebelumnya mengatakan syarat perpanjangan izin FPI masih ditelaah. Tjahjo menyebut ada 10 syarat yang belum dilengkapi FPI.

"(Izin) FPI sedang ditelaah. Dari 20 persyaratan, baru 10 yang memenuhi syarat," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Hotel Aryaduta, Jalan KKO Usman dan Harun, Jakarta Pusat.



Tjahjo mengatakan syarat yang kurang itu berkaitan dengan Kementerian Agama. Dia juga menyebut tak ada batas waktu untuk proses perpanjangan izin tersebut.

"(Yang kurang) ya terkait Kementerian Agama juga, ini kan ormas agama," ujarnya.


Mendagri: FPI Belum Lengkapi Syarat Perpanjangan Izin Ormas:

[Gambas:Video 20detik]


Mendagri Sebut 10 Syarat Belum Dipenuhi, FPI: Tinggal Rekomendasi Kemenag


Simak Video "SKT Belum Keluar, FPI: Pendirian Ormas Tak Perlu Izin"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com