detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 11:06 WIB

Gapura ITDC Nusa Dua Rusak Akibat Gempa Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
Gapura ITDC Nusa Dua Rusak Akibat Gempa Bali Gapura ITDC Nusa Dua (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Gempa M 6 yang mengguncang Nusa Dua, Bali mengakibatkan kerusakan di sejumlah lokasi. Salah satunya adalah gapura Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua.

Dari foto yang diperoleh detikcom, ada bagian dari gapura ITDC yang berjatuhan. Selain itu, gempa juga menyebabkan kerusakan di sekolah hingga hotel.

"Dampak gempa update sampai pukul 09.15 WITa, yaitu SD Negeri 1 Ungasan, Kantor Camat Kuta, SD 11 Jimbaran, Gapura ITDC, Hotel Mercure Nusa Dua, dan Alfamart di Jl Bali Cliff Ungasan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung dr Ni Nyoman Ermy Setiari ketika dimintai konfirmasi, Selasa (16/7/2019).



Gempa ini terjadi pukul 08.18 WITa. Lokasi gempa ada di koordinat 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur. Pusat gempa ada di 83 km arah barat daya Nusa Dua. Hiposenter gempa ada di kedalaman 68 km. Gempa ini dilaporkan tak berpotensi tsunami.

BMKG kemudian memperbarui kekuatan gempa menjadi M 5,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali pada kedalaman 104 km. Gempa disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.



"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono, yang dilansir Antara, Selasa (16/7/2019).

Simak Video "Doa Netizen Mengalir Pasca Gempa Bali Pagi Tadi"
[Gambas:Video 20detik]

(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com