detikNews
Senin 15 Juli 2019, 18:04 WIB

Hari Pertama Sekolah, Wawali Medan Kecewa Banyak Sampah di SMP 27

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Hari Pertama Sekolah, Wawali Medan Kecewa Banyak Sampah di SMP 27 Wakil Wali Kota Medan melihat sampah berserakan di SMPN 27. (Foto: Istimewa)
Medan - Hari pertama sekolah di SMP Negeri 27 Medan ditandai dengan upacara yang menghadirkan Wakil Wali Kota (Wawali) Medan Akhyar Nasution sebagai pembina upacara. Sehabis upacara Akhyar pun kecewa karena di sekolah banyak sampah.

Pelaksanaan upacara itu sendiri berjalan dengan tertib halaman SMP Negeri 27 Medan, Jalan Pancing Pasar IV, Kecamatan Medan Tembung, Senin (15/7/2019). Ratusan murid berbaris rapi. Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Medan Marasutan Siregar dan Kepala SMPN 27 Sawalina.

Saat memberikan arahan, Akhyar menekankan pentingnya mengajarkan dan menanamkan pendidikan karakter sejak usia sekolah. Hal tersebut guna membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab, baik bagi diri sendiri maupun orang lain, terlebih pada penanaman karakter bersih dan disiplin.


Menurut Akhyar, selama pendidikan yang dilakukan fokus pada pemahaman tentang mata pelajaran semata, sehingga lupa dengan penanaman karakter. Padahal penanaman karakter sangat penting bagi semua anak didik sehingga terbentuk pribadi yang berkarakter.

"Penanaman karakter harus diajarkan kepada semua peserta didik agar terbentuk pribadi yang berkarakter, sehingga peserta didik nantinya dapat memberi dan menjadi contoh baik bagi yang lainnya, terkhusus dalam karakter disiplin dan bersih. Dengan demikian, di mana pun mereka berada, karakter akan tetap tertanam dalam diri masing-masing," kata Akhyar.


Nah, seusai dengan upacara, Akhyar kemudian meninjau sekolah, terutama bagian belakang sekolah. Betapa kecewanya dia karena terlihat banyak sampah berserakan.

Dia pun langsung menginstruksikan Kepsek untuk membersihkannya dengan melibatkan semua siswa sebelum proses belajar-mengajar dimulai.

"Jika lingkungan sekolah bersih, siswa akan merasa tenang dan nyaman serta terhindar dari bibit penyakit," katanya.

Simak Video "Orang Tua Rela Ikut Upacara di Hari Pertama Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]

(rul/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com