detikNews
Senin 15 Juli 2019, 14:52 WIB

Pemprov Siapkan 2 Alternatif Lintasan Formula E di Jakarta, Ini Rutenya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov Siapkan 2 Alternatif Lintasan Formula E di Jakarta, Ini Rutenya Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyerahkan dua usulan alternatif rute untuk dipakai ajang Formula E. Sirkuit di tengah kota itu akan memakai jalanan di kawasan dekat Monas.

"(Pihak Formula E telah) survei terkait lintasan yang nantinya akan digunakan sebagai ajang Formula E. Sementara kita usulkan ada, kemarin itu penyelenggara ada dua alternatif yang diambil," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Senin (15/7/2019).



Pemprov DKI sebenarnya mengajukan lima alternatif. Namun pihak Formula E meminta dua alternatif untuk nanti dipilih.

"Sebenarnya, mengusulkan lima rute. Tapi kemudian dari penyelenggara mendesain dua. Feasible-nya dua itu. Hanya kan mereka bahas di sana. Dari situ, tentu kira-kira apa yang bisa disetujui kita akan mengikuti usulan mereka dari penyelenggara," ujar Syafrin.

Pihak Pemprov masih mempersiapkan jalanan yang nanti akan dipakai. Termasuk membersihkan gelombang di jalan agar sesuai standar penyelenggara.

"Nah, itu nanti akan kita lakukan persiapan sehingga sarana prasarana sesuai dengan standar penyelenggara," ucap Syafrin.

Berikut adalah dua rute alternatif yang dijelaskan Syafrin:

Pertama:

Silang Monas Belakang Stasiun Gambir - Ridwan Rais - Tugu Tani - MI Ridwan Rais - Merdeka Selatan - Wisma Antara - Berputar ke Kedubes AS - Monas - Ridwan Rais.

Kedua:

Silang Monas Selatan - belakang Stasiun Gambir - Ridwan Rais - Merdeka Selatan - bundaran air mancur patung kuda Arjuna Wiwaha - Silang Monas Selatan.

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan mem-posting kegiatan di New York melalui akun Instagram-nya, @aniesbaswedan. Di sana, dia mengunggah sejumlah foto pertemuan Anies dengan pengelola Formula E. Anies menyebut telah mencapai kesepakatan dengan pengelola Formula E.

"Alhamdulillah, berhasil!" tulis Anies seperti dilihat detikcom, Minggu (14/7).

Kesepakatan yang dimaksudkan Anies adalah penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Anies menyebut Jakarta akan menjadi tuan rumah gelaran Formula E pada 2020.

"Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," jelasnya.

Simak Video "Sisa Penebangan Pohon di Kawasan Cikini"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com