detikNews
Senin 15 Juli 2019, 12:07 WIB

Kota Semarang Kembali Jadi Kandidat Tuan Rumah MXGP of Asia di 2020

Nurcholis Maarif - detikNews
Kota Semarang Kembali Jadi Kandidat Tuan Rumah MXGP of Asia di 2020 Foto: Dok. Pemkot Semarang
Jakarta - Setelah sukses menjadi daerah penyelenggara MXGP of Asia 2019, Kota Semarang kembali masuk menjadi kandidat untuk jadi tuan rumah olahraga motorcross internasional tersebut tahun depan. Wali Kota Semarang, Hendrar Priadi, mengatakan potensi ini bisa jadi karena MXGP of Asia yang digelar kemarin 13-14 Juli 2019 di Semarang telah sukses mendatangkan banyak penonton.

"Penontonnya membeludak, promosinya sampai ke 140 negara. Kemudian ada transfer teknologi, transfer skill, dari tim asing ke tim Indonesia. Kita tahu event di sini disiarkan langsung di 140 negara sehingga Kota Semarang menjadi kota yang makin dikenal di dunia. Mudah-mudahan pariwisata lebih meningkat, ekonomi menjadi lebih baik," beber Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, dalam keterangan tertulis, Senin (15/7/2019).


Hendi memberi respons positif jika Kota Semarang masuk kembali menjadi tuan rumah event MXGP 2020 mendatang. Pihaknya akan melakukan kajian mendalam termasuk dari sisi anggaran apakah kembali menggunakan dana APBD atau melibatkan pihak swasta. Menurutnya peran dari keterlibatan pengusaha dan pihak swasta dalam event kelas internasional ini sangatlah penting.

"Dari informasi yang saya dapatkan hari ini, tahun 2020 Kota Semarang masuk menjadi kandidat tuan rumah event MXGP untuk ketiga kalinya. Kita harus melihat apakah masih memungkinkan atau kita dorong teman-teman swasta untuk mengambil peluang itu," ucap Hendi.

Hendi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada penonton yang rela berpanasan untuk menyaksikan event kelas dunia ini. Menurutnya, gelaran MXGP ini menjadi hiburan spesial bagi penonton yang datang menyaksikan langsung di Sirkuit Bukit Semarang (BSB) City, Semarang.

"Kita bisa melihat motor-motor begitu cantiknya, kita bisa melihat mereka bisa terbang di setiap gunungan dan pebalap Indonesia bisa belajar bagaimana bisa melajukan kendaraan motor dengan baik dan kencang. Ini juga komitmen kita menjadikan Kota Semarang yang menjadi kota yang lebih baik dan lebih hebat," ujarnya.


Adapun menurut Vice Presiden and Head Operation Youth, David Luongo, menilai Kota Semarang sukses menyelenggarakan MXGP of Asia. Menurutnya, sirkuit BSB City Mijen, Kota Semarang merupakan sirkuit motocross terbaik di Indonesia dan di tingkat Asia.

"Trek atau lintasan sirkuit di sini sangat bagus sekali. Pemandangan dan situasinya sangat menantang. Semua pembalap-pembalap kelas dunia hadir di sini. Kota Semarang memiliki potensi trek yang sangat bagus, terutama di BSB City ini. Kemudian treknya juga sangat-sangat spektakuler," ucap Luongo.

Perhelatan olahraga motocross internasional MXGP of Asia 2019 seri ke-12 di Kota Semarang telah usai dan Tim Gajser dari Team HRC keluar sebagai juara. Pria berkebangsaan Slovakia tersebut mengukuhkan diri sebagai pemuncak klasemen usai menjadi pebalap yang finish di urutan pertama dalam 2 race di Sirkuit BSB.

Simak Video "Nikmatnya Asem-asem Legendaris di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]

(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com