detikNews
Sabtu 13 Juli 2019, 18:53 WIB

FPI Sebut RI Minta Saudi Cegah Habib Rizieq, Istana: Fitnah dan Hoax!

Andhika Prasetia - detikNews
FPI Sebut RI Minta Saudi Cegah Habib Rizieq, Istana: Fitnah dan Hoax! Ali Mochtar Ngabalin (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta - Front Pembela Islam (FPI) menyebut ada permintaan dari otoritas Indonesia kepada otoritas Arab Saudi untuk mencegah Habib Rizieq Syihab. Ali Mochtar Ngabalin dari Kantor Staf Presiden (KSP) menyebut kabar tersebut fitnah.

"Itu fitnah dan berita bohong yang menyesatkan publik Indonesia. Jangan ulangi kebiasaan menyebarkan berita hoax seperti masa kampanye kemarin kalau ada pihak mereka yang memegang fakta dan data terkait dengan pencekalan Rizieq Syihab kembali ke Tanah Air sebaiknya mereka buka saja ke publik," ujar Ngabalin saat dimintai konfirmasi, Sabtu (13/7/2019).

Ngabalin menegaskan pemerintah tidak ikut campur mengenai domisili Habib Rizieq saat ini. Ia pun mengaku keberatan atas tuduhan tersebut.


"Rizieq mau balik atau mau menetap di Saudi Arabia bagi pemerintah, kami, nggak ada urusan. Silakan saja. Tapi saya untuk dan atas nama pemerintah keberatan kalau semua tuduhan sampah itu dialamatkan kepada Presiden Joko Widodo dan pemerintahan beliau," ucap Ngabalin.

Pihak FPI menyebut pemerintah Indonesia meminta otoritas Arab Saudi untuk mencegah Habib Rizieq. Permintaan itu disampaikan dalam saluran diplomatik dan nondiplomatik.

"Masalah pokok itu adalah adanya permintaan dari otoritas Indonesia ke otoritas Saudi agar mencegah Habib Rizieq meninggalkan wilayah Saudi. Itu masalah pokoknya. Permintaan tersebut dilakukan melalui, baik melalui saluran diplomatik maupun nondiplomatik, berupa informasi fitnah terhadap Habib Rizieq bahwa Habib Rizieq terkait dengan beberapa persoalan hukum di Indonesia. Padahal faktanya, Habib Rizieq sudah clear dari persoalan hukum, dengan adanya SP3, baik perkara di Polda Metro Jaya maupun perkara di Polda Jabar," kata Sekretaris Umum FPI Munarman kepada wartawan, Sabtu (13/7).


Munarman menilai seharusnya pemerintah Indonesia menyampaikan klarifikasi ke Saudi bahwa Habib Rizieq tak mempunyai masalah hukum lagi. Munarman juga meminta pemerintah mencabut pencegahan terhadap Habib Rizieq.


Simak Juga 'Pertemuan Jokowi-Prabowo Bahas Habib Rizieq?':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Gerindra: Bukan Tugas Menhan Pulangkan Habib Rizieq "
[Gambas:Video 20detik]

(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com