Meriah, 19 Negara dan 123 Perusahaan Ramaikan Pacific Exposition 2019

Laporan dari Auckland

Meriah, 19 Negara dan 123 Perusahaan Ramaikan Pacific Exposition 2019

Tsarina Maharani - detikNews
Sabtu, 13 Jul 2019 15:23 WIB
Foto: Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru.. (Tsarina/detikcom)
Foto: Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru.. (Tsarina/detikcom)
Auckland - Pacific Exposition 2019 di Selandia Baru berlangsung meriah. Ada 19 perwakilan negara dan 123 perusahaan dari negara-negara Pasifik yang mengikuti pameran.

Pacific Expo digelar di SkyCity Convention Center, Auckland, Selandia Baru, pada 11-14 Juli 2019. Hari ini, Sabtu (13/7/2019), Menlu RI Retno LP Marsudi bersama Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengunjungi pameran.


Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani juga sempat mengunjungi pameran usai menjadi pembicara dalam diskusi kebudayaan atau cultural forum.

Di lokasi, Retno sempat menjelaskan soal keikutsertaan negara-negara Pasifik dalam gelaran kali ini. Pacific Exposition 2019 digelar untuk pertama kalinya atas inisiasi Indonesia serta dukungan dari Australia dan Selandia Baru.

"Ada 19 negara ikut," kata Retno.

"Juga 123 perusahaan terdaftar ikut ekspo," lanjutnya.

Meriah, 19 Negara dan 123 Perusahaan Ramaikan Pacific Exposition 2019Foto: Pacific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru.. (Tsarina/detikcom)

Selain Indonesia, negara-negara Pasifik yang mengikuti pameran adalah Australia, Kepulauan Cook, Micronesia, Fiji, French Polynesia, Kiribati, Kepulauan Marshall, Nauru, Selandia Baru, Niue, Palau, Papua Nugini, Samoa, Kepulauan Solomon, Timor Leste, Tuvalu, Vanuatu, dan Kaledonia Baru. Pada masing-masing stan pameran, mereka menampilkan kerajinan khas negaranya dan mengenalkan potensi wisata mereka.


Sementara itu, perusahaan-perusahaan yang mengikuti pameran terdiri dari perusahaan BUMN Indonesia serta perusahaan dari negara Pasifik lain. Selain bertujuan untuk menguatkan kolaborasi di bidang pariwisata, Pacific Expo juga bertujuan untuk mengembangkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi.

Selama pameran, para tamu undangan serta pengunjung yang hadir disuguhi hiburan dari perwakilan-perwakilan tiap negara lewat cultural festival. Ada penampilan nyanyian hingga tarian.

Para pengunjung tampak antusias dengan penampilan para perwakilan negara. Cultural festival masih akan digelar hingga esok hari, Minggu (14/7).

Simak Video "Gunung Api di Selandia Baru Usai Meletus Dilihat dari Satelit"
[Gambas:Video 20detik]
(tsa/idh)