detikNews
Sabtu 13 Juli 2019, 14:33 WIB

Jokowi-Prabowo Bertemu, Ahok: Puji Tuhan, Pancasila Bisa Berdiri Kokoh

Herianto Batubara - detikNews
Jokowi-Prabowo Bertemu, Ahok: Puji Tuhan, Pancasila Bisa Berdiri Kokoh Foto: Instagram @basukibtp
FOKUS BERITA: Jokowi-Prabowo Bertemu
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya bertemu untuk pertama kalinya setelah Pilpres 2019. Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok bersyukur atas pertemuan ini.

"Puji Tuhan," kata Ahok saat dikonfirmasi lewat WhatsApp, Sabtu (13/7/2019).

Ahok mengatakan dirinya belum sempat menyaksikan momen pertemuan antara Jokowi dan Prabowo tersebut. Namun dia berharap pertemuan itu menjadi awal kebaikan bagi persatuan bangsa ke depan.


"Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika bisa berdiri kokoh," ujar Ahok. Dia juga memuji Jokowi dan Prabowo sama-sama bersepakat agar seluruh masyarakat bersatu kembali, tidak ada lagi istilah '01-02' atau 'cebong-kampret'.

Jokowi dan Prabowo bertemu serta sama-sama menjajal MRT dari Stasiun MRT Lebak Bulus menuju Senayan. Mereka duduk berdampingan dan sempat ngobrol-ngobrol santai sepanjang perjalanan. Dari Stasiun MRT Senayan, keduanya berjalan kaki menuju Fx Sudirman untuk makan siang bersama sebelum kemudian berpisah satu sama lain.

Jokowi-Prabowo Bertemu, Ahok: Puji Tuhan, Pancasila Bisa Berdiri KokohJokowi dan Prabowo berbincang di MRT. (Andhika/detikcom)

Dalam pernyataan sebelumnya, Jokowi dan Prabowo sepakat agar para pendukungnya bersatu sebagai rakyat Indonesia. Tidak ada lagi istilah '01' atau '02' atau 'cebong' dan 'kampret'.

Prabowo dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Jokowi memimpin untuk periode kedua. Dia mengatakan siap membantu pemerintah jika dibutuhkan.


Prabowo juga menegaskan, meski mendukung kepemimpinan Jokowi, dirinya juga siap melontarkan kritik jika ada hal-hal yang dia nilai tidak pas.

"Saya mengerti banyak yang mungkin masih emosional. Kita mengerti banyak hal yang kita harus perbaiki. Intinya saya berpendapat bahwa antara pemimpin kalau hubungannya baik kita bisa saling ingatkan. Kalau beliau mau ketemu saya ya saya akan manfaatkan untuk menyampaikan hal-hal demi kebaikan bersama. Jadi saya ucapkan selamat bekerja," ujar Prabowo di Stasiun MRT Senayan.

"Menjadi presiden itu mengabdi. Masalah yang dipikul besar. Kami siap membantu kalau diperlukan. Mohon maaf kalau kita mengkritisi Bapak sekali-sekali," sambungnya.



Tonton video Istana: Ada Peran BIN dalam Pertemuan Jokowi-Prabowo:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Anggap Pidato Jokowi Kurang UUD 45, Amien Rais Ajak Duduk Bareng"
[Gambas:Video 20detik]

(hri/knv)
FOKUS BERITA: Jokowi-Prabowo Bertemu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com