detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 22:37 WIB

Ular Piton 2,5 Meter Berkeliaran di Exit Tol Slipi Jakbar, Kok Bisa?

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Ular Piton 2,5 Meter Berkeliaran di Exit Tol Slipi Jakbar, Kok Bisa? Ular piton. (Foto: dok. Instagram TMC Polda Metro Jaya)
Jakarta - Seekor ular piton sepanjang 2,5 meter ditemukan berkeliaran di ruas Tol Jakarta Barat. Polisi turun tangan mengevakuasinya.

Peristiwa itu terjadi Kamis (11/7) siang kemarin. Ular piton tersebut tiba-tiba terlihat melintasi ruas tol, tepatnya 100 meter sebelum exit Tol Slipi, Jakarta Barat.

"Di situ kan ada anggota saya yang berjaga di exit tol, lalu teriak-teriak lewat HT ada ular. Akhirnya saya nggak banyak komentar, saya merapat dan suruh tutup jalan sedikit bentar. Akhirnya saya menangkap ular itu," kata Kanit Patroli Satlantas Polres Metro Jakarta Barat AKP Sugeng Rianti kepada detikcom, Jumat (12/7/2019).



Sugeng menuturkan awalnya ular tersebut ditemukan dalam keadaan hidup. Namun, berdasarkan penuturan Sugeng, setelah beberapa kali terlindas mobil yang melintas, ular piton itu lemas.

"Pertama sih masih hidup, namanya binatang. Saat itu dia sudah mulai manjangin badannya, akhirnya kelindes roda mobil badannya dan akhirnya ularnya klenger. Ular dalam keadaan masih klenger, masih gerak-gerak sendiri. Lalu saya masukin mobil biar nggak banyak masyarakat tahu. Kalau tahu kan jadi tontonan, jadi macat," ungkap Sugeng.



Sugeng tidak mengetahui dengan pasti dari mana asal ular piton itu sampai bisa berkeliaran di ruas Tol. Namun dia menduga ular muncul dari gorong-gorong pembuangan di sekitar tol.

"Kalau masalah ular kan namanya jalan tol tetap ada pembuangan air. Bisa juga dari gorong-gorong pembuangan air bisa juga. Kita kan nggak tahu. Kalau ada orang buang kan nggak mungkin di dalam tol," jelasnya.



Sugeng mengaku mengevakuasi ular hanya menggunakan plastik karena kondisi ular makin lemah. Dia juga mengaku memang terbiasa menangkap ular sejak kecil. Tak lama setelah dievakuasi, ular itu akhirnya mati.

"Ular sekarang sudah mati. Dulu sih saya tangkap langsung, saya cekik leher ularnya. Itu juga dulu waktu masih SD. Kalau di tol ini selama saya di sini baru sekali ada itu," jelasnya.

Simak Video "Modal Nekat! Cerita Guru yang Viral Tangkap Ular Piton"
[Gambas:Video 20detik]

(sam/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com