detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 17:13 WIB

JK Minta Kepala Daerah Tak Melulu Studi Banding ke Luar Negeri

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
JK Minta Kepala Daerah Tak Melulu Studi Banding ke Luar Negeri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan studi banding bagi kepada kepala daerah tak harus selalu ke luar negeri. JK menilai jika daerah lain di Indonesia bisa menjadi percontohan untuk studi banding.

"Jadi hanya studi banding ke kota-kota lain, Surabaya bersih, atau Tangerang baik, ya studi banding ke situ. Nggak usah pergi ke Singapura terlalu jauh, dan lebih murah kalau studi banding yang ke situ," ujar JK saat membuka peresmian pembukaan Rating Kota Cerdas Indonesia di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).


JK mengatakan opsi studi banding tidak perlu hanya ke luar negeri. Menurut JK, yang lebih penting adalah implementasinya.

"Jangan hanya kita studi banding ke Singapura, ke Tokyo atau ke mana saja. Tapi melaksanakannya dengan baik," jelas JK.

JK menyarankan kepala daerah saling belajar satu sama lain dalam membangun daerahnya. Dia menyebut sesama kepala daerah harus saling berkolaborasi.

"Maka dalam kesempatan ini, kenapa perlu wali kota dan bupati bersama berkumpul supaya saling belajar dan saling melihat. Tidak perlu cerdas sekali untuk pintar," jelas JK.

Simak Video "Harapan JK bagi Capim KPK: Bersih dan Berani!"
[Gambas:Video 20detik]

(fdu/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed