detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 20:05 WIB

Jokowi Ogah Campuri Urusan Pemilihan Ketum Parpol Koalisi

Abdul Haris Utiarahman - detikNews
Jokowi Ogah Campuri Urusan Pemilihan Ketum Parpol Koalisi Presiden Jokowi di Taman Nasional Komodo, NTT (Foto: Abdul Haris Utiarahman)
Manggarai Barat - Sejumlah parpol koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar forum untuk pemilihan ketua umum. Jokowi enggan mencampuri urusan tersebut.

"Munas ya munas, urusannya partailah. Munas kok tanya Presiden, saya kan bukan ketua partai," kata Jokowi di Pulau Rinca Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/7/2019).


Beberapa parpol yang akan menggelar forum pemilihan ketum antara lain PKB, NasDem, dan Golkar. Jokowi menyerahkan sepenuhnya urusan tersebut kepada masing-masing parpol koalisi.


"Munas silahkan munas, mau muktamar silakan muktamar. Mau kongres silakan kongres, itu urusannya partai," ujarnya.

Dari sejumlah parpol koalisi, beberapa elite di Golkar sudah 'pemanasan' menjelang munas. Mereka yang kemungkinan besar maju mencalonkan diri adalah Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo.


Sedangkan PDIP, yang akan menggelar kongres, masih menegaskan dukungannya kepada Megawati Soekarnoputri sebagai ketum. Demikian juga dengan PKB yang menyebut mendukung Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam pertemuan dengan Jokowi di Istana.




Simak Juga 'Berebut Kursi Menteri Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Soal Munas Golkar, Bamsoet: Jokowi Tak Berikan Restu-restuan"
[Gambas:Video 20detik]

(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com