detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 16:08 WIB

Ini Lokasi Pengungsian di Kalideres yang Disiapkan untuk Para Pencari Suaka

Matius Alfons - detikNews
Ini Lokasi Pengungsian di Kalideres yang Disiapkan untuk Para Pencari Suaka Tenda pengungsian di Kalideres. (Alfons/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mempersiapkan tempat tinggal sementara di Kalideres untuk para pencari suaka. Mereka dipindahkan dari trotoar Jalan Kebon Sirih ke lahan eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres.

"Ya sekarang ini dan tadi sudah ditinjau juga oleh Pak Sekda langsung, saya dan Pak Wali Kota juga sudah cek persiapan yang masih kita lakukan persiapannya. Bisa dilihat hingga saat ini sudah ada beberapa tenda yang kita dirikan," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah kepada detikcom di lokasi pengungsian, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2019).



Pantauan detikcom hingga pukul 15.20 WIB, terlihat 6 tenda biru bertulisan Kemensos RI dan Dinas Sosial berdiri di halaman gedung eks Kodim Jakarta Barat ini. Selain itu, terlihat beberapa petugas Sudin Perindustrian dan Energi menyiapkan listrik di tenda-tenda pengungsian.

Sejauh ini sudah ada 2 tenda yang siap ditempati. Tenda-tenda tersebut sudah diisi matras dan terpal.

"Nah sekarang kita sudah ada yang didirikan ada 6 tenda yang sudah kita bangun, beberapa ruangan juga ada yang masih kita cek juga, tapi kelihatannya cukup representatif ruangannya," ungkap Irmansyah.

Tenda pengungsian di Kalideres.Tenda pengungsian di Kalideres. (Alfons/detikcom)


Ruangan yang dimaksud adalah bekas gedung eks Kodim yang juga akan digunakan untuk pengungsi. Irmansyah berharap fasilitas kamar mandi, listrik, dan persiapan yang ada sudah bisa memenuhi kebutuhan para pencari suaka.

"Atas dasar kemanusiaan disampaikan Pak Sekda, kita juga siapkan ruangan di dalam bangunan ini, mudah-mudahan lainnya nanti bisa dipenuhi apa yang ada di sini minimal untuk layak mereka bisa ada di sini," ucap Irmansyah.



Irmansyah mengungkap hingga saat ini kendala yang dihadapi adalah jumlah pencari suaka. Menurutnya, jumlah pencari suaka tersebut terus bertambah.

"Awalnya pengungsi 250, kemudian jadi 300, barusan berkembang sampai 700 katanya, ini yang sedang kita siapkan, kita perlu sekarang dapat kepastian berapa dari mereka yang dievakuasi di sini," ujarnya.




Simak Juga 'Pencari Suaka: Mau Seperti Manusia Lain, Bisa Kerja':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pencari Suaka Huni Trotoar Kebon Sirih: Tolong, Bantu Kami"
[Gambas:Video 20detik]

(maa/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com