detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 15:55 WIB

Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Diangkut Pakai Bus ke Kalideres

Rolando - detikNews
Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Diangkut Pakai Bus ke Kalideres Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Diangkut Pakai Bus ke Kalideres (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Para pencari suaka di trotoar Kebon Sirih, Jakarta Pusat, akhirnya dibawa menuju ke lahan eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres. Mereka diangkut menggunakan 7 bus dan 1 truk Dishub.

Pantauan detikcom, di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019), para pencari suaka mulai naik ke bus sejak pukul 15.17 WIB. Mereka berbondong-bondong naik bersama keluarga dan kerabat.


Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Diangkut Pakai Bus ke KalideresFoto: Rolando/detikcom

Para pencari suaka sebelumnya berkemas barang-barang mereka seperti ember, galon, dan koper. Tikar yang bisa digunakan untuk tidur dilipat, tenda dibereskan, termos dan perlengkapan lainnya dimasukkan ke dalam kardus dan tas.

Mereka menaiki bus secara bersama-sama dengan tertib. Proses pemindahan ini berjalan lancar.


Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Diangkut Pakai Bus ke KalideresFoto: Rolando/detikcom

Proses pemindahan ini disaksikan langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Pras sebelumnya sempat mendatangi kantor UNHCR di gedung Menara Ravindo.

"Proses penyelesaian tidak di jalan seperti ini. Kita akan pindah ke tempat yang lebih layak," ujar Pras kepada para pencari suaka.

Satpol PP tampak disiagakan selama pencari suaka mengemas barang-barangnya. Arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan dikarenakan banyak pencari suaka yang lalu lalang.


Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Diangkut Pakai Bus ke KalideresFoto: Rolando/detikcom

Sebelumnya, Plh Gubernur DKI Jakarta, Saefullah mengatakan akan memindahkan pencari suaka dari Timur Tengah yang ada di trotoar Jalan Kebon Sirih ke lahan eks Kodim Jakarta Barat di Kalideres. Di sana Pemprov DKI akan membuat tenda untuk tempat tidur para pencari suaka.

"Sepertinya di Kalideres, ada aset kita, makanya saya cek ke sana kesiapan tenda paling tidak MCK dan air. Tanah aset pemda, nanti di tenda," ucap Plh Gubernur DKI Jakarta Saefullah kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.



Simak Video "Pencari Suaka Huni Trotoar Kebon Sirih: Tolong, Bantu Kami"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com