detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 15:43 WIB

Pemprov DKI Sediakan Makanan untuk Pencari Suaka Hanya Satu Pekan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov DKI Sediakan Makanan untuk Pencari Suaka Hanya Satu Pekan Pencari suaka di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Foto: Jefry/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan makanan selama satu pekan kepada para pencari suaka asal Timur Tengah. Setelah itu diharapkan UNHCR bisa meneruskan sampai masalah pencari suaka selesai.

"Mungkin nanti kita melalui Dinas Sosial, kurang lebih selama satu minggu menjadi tanggungan kita. Nanti selebihnya kita berharap UNHCR bisa meneruskan itu sampai persoalan mereka ini tuntas," ucap Plh Gubernur DKI Jakarta Saefullah kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

Pemerintah DKI Jakarta telah menyiapkan tenda di lahan eks Kodim Kalideres. Kebutuhan MCK dan keperluan lain sedang disiapkan di lokasi tersebut.

"Sepertinya di Kalideres, ada di aset kita. Makanya saya mau cek ke sana kesiapan tendanya, paling tidak kemudian MCK dan air," ucap Saefullah.

Saefullah menyebut pemerintah DKI Jakarta menyiapkan tempat sesuai Perpres 126 tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi Luar Negeri. Numun, pemerintah tidak menyelesaikan soal masalah pencarian suaka.

"Memang ada Perpres 126 di situ, ada di beberapa pasal, pemerintah daerah bisa saja membantu UNHCR atas nama kemanusiaan," ucap Saefullah.


Sementara itu, Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi melarang mereka kembali ke Kebon Sirih setelah dipindahkan. Larangan itu disampaikan oleh Prasetio kepada pencari suaka secara langsung sebelum mereka masuk dalam bus.

Simak Video "Pencari Suaka Huni Trotoar Kebon Sirih: Tolong, Bantu Kami"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com