detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 15:42 WIB

Pablo Benua Juga Pernah Dilaporkan Terkait Pencucian Uang ke Bareskrim

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Pablo Benua Juga Pernah Dilaporkan Terkait Pencucian Uang ke Bareskrim Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Polisi membeberkan sejumlah kasus yang dihadapi oleh YouTuber Pablo Benua. Selain kasus video 'ikan asin' dan penggelapan kendaraan, Pablo pernah dilaporkan terkait kasus pencucian uang.

Dalam kasus 'ikan asin', Pablo dan istrinya, Rey Utami, sudah ditetapkan menjadi tersangka. Sedangkan untuk kasus penggelapan kendaraan, Pablo dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada akhir Februari 2018.

"Setelah kita cek Dit Reskrimum, ada laporan terkait penipuan dan penggelapan mobil dengan terlapor Pablo. Kasus itu dilaporkan pada 26 Februari 2018," kata Argo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (11/7/2019).



Dalam kasus yang sedang ditangani Polda Metro tersebut, penyidik kerap memanggil Pablo beberapa kali. Namun Pablo tidak pernah hadir memenuhi panggilan penyidik.

"Setiap kita panggil, alasannya sakit," ungkap Argo.



Selain kasus 'ikan asin' dan kasus penipuan, Pablo pernah dilaporkan oleh seseorang ke Bareskrim Polri dalam kasus pemalsuan atau pencucian uang. Kasus itu hingga saat ini masih berjalan.

Video: Hilangkan Barang Bukti Jadi Alasan Polisi Tetapkan Pablo-Rey Utami sebagai Tersangka
[Gambas:Video 20detik]

"Kemudian ada pelaporan di Mabes Polri dengan terlapor Pablo, dia pemalsuan dan pencucian uang itu masih dalam proses. Dilaporkan sekitar tahun 2017 di sana. Kita masih melakukan check and recheck di sana," kata Argo.



Argo tidak menjelaskan secara detail kasus-kasus yang tengah diselidiki polisi dengan terlapor Pablo, selain kasus 'ikan asin'. Argo menegaskan semua kasus tersebut saat ini masih berjalan dan sedang dilakukan penyelidikan ataupun penyidikan.
(sam/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed