detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 12:51 WIB

Pertamina Edukasi 'DPR Cilik' soal Distribusi BBM

Prima Fauzi - detikNews
Pertamina Edukasi DPR Cilik soal Distribusi BBM Foto: Dok.Pertamina
Jakarta - PT Pertamina (Persero) memberikan edukasi kepada para siswa siswi KidZania yang tergabung dalam KidZania CongreZZ dalam hal pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) di Terminal BBM Jakarta Group, Plumpang.

KidZania CongreZZ merupakan program yang diadakan oleh KidZania untuk memberikan edukasi langsung dari profesional di bidang tertentu dengan cara bermain role play. Dalam hal ini, 14 peserta KidZania CongreZZ berperan sebagai legislator alias anggota DPR cilik yang melakukan kunjungan kerja ke Pertamina.

Anak-anak berusia 8-14 tahun ini memperoleh penjelasan mengenai proses distribusi BBM, mulai dari pengisian dari tangki timbun ke mobil tangki pengangkut BBM, hingga dapat dinikmati oleh konsumen akhir di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Selain itu, juga mempelajari jenis-jenis BBM berkualitas serta beragam peralatan keamanan dan keselamatan (HSSE) dalam industri minyak dan gas.


"Kami sangat menerima baik kunjungan dari KidZania CongreZZ Kids 2019-2021. Kunjungan ini merupakan kesempatan berharga karena dapat melihat langsung proses kerja di TBBM Pertamina. Kunjungan ini tentu menjadi pengalaman belajar yang berbeda dan memperkaya wawasan mereka," kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami di TBBM Jakarta Group, Kamis (11/7/2019).

Pertamina Edukasi 'DPR Cilik' soal Distribusi BBMFoto: Dok. Pertamina

Selain diberikan paparan, para anggota DPR cilik tersebut juga sempat melihat area fasilitas di TBBM Jakarta Group. Mereka diperkenalkan mengenai sistem pengangkutan BBM, tangki-tangki penampung hingga, pencirian warna pada pipa penyalur BBM.

Amira Zahra (13) salah satu peserta KidZania CongreZZ mengaku senang bisa berkunjung ke TBBM Jakarta Group karena menjadi bisa tahu fasilitas teknologi yang dipakai di terminal tersebut.

"Ilmunya banyak. Kaya tadi ada contohnya di samping tangki ada drum, sama kalau ada yang bocor mereka juga enggak buang-buang uap sia-sianya," kata siswi yang disebut Eca tersebut.


Pertamina Edukasi 'DPR Cilik' soal Distribusi BBMFoto: Dok. Pertamina


Simak Video "WNA Pekerja Proyek Kereta Cepat Tewas dalam Kebakaran Pipa Pertamina"
[Gambas:Video 20detik]

(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com