detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 16:50 WIB

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Jokowi Minta Penataan Labuan Bajo Dipercepat

Abdul Haris - detikNews
Tingkatkan Kunjungan Wisman, Jokowi Minta Penataan Labuan Bajo Dipercepat Presiden Jokowi saat meninjau kawasan wisata di Labuan Bajo, NTT. (Foto: Agus Suparto/Fotografer Jokowi)
Manggarai Barat - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin mempercepat pembangunan kawasan wisata di Labuan Bajo, NTT. Dengan demikian, ia berharap semakin banyak turis yang berkunjung ke Labuan Bajo.

"Yang ingin kita percepat, pertama bandara, terminal akan kita besarkan, runway diperpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semua. Airport, terminal airport, kemudian pengelolaan akan dilelang, terutama kita ingin agar yang mengelola airport ini yang memiliki jaringan pariwisata internasional, sehingga yang datang ke sini turis-turis yang diharapkan meningkatkan devisa," ujar Jokowi di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/7/2019).


Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Labuan Bajo merupakan 'pintu gerbang' menuju Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Potret Labuan Bajo dari ketinggian.Potret Labuan Bajo dari ketinggian. Foto: (Muhammad Zaky Fauzi Azhar/detikcom)

Oleh sebab itu, Jokowi menggenjot penataan di kawasan wisata ini. Selain pembangunan bandara, Jokowi ingin menggenjot infrastruktur berupa jalanan dan memastikan suplai air bersih terjamin di Labuan Bajo.

"Segmentasi yang mau kita ambil di sini beda, segmentasi yang premium. Oleh sebab itu, penataan kawasan Labuan Bajo penting sekali. Kita akan buat trotoar, tahun ini mulai sampai ke ujung, sehingga turis bisa menikmati view yang ada di depan sana. Juga berkaitan kekurangan suplai air juga akan dikerjakan," sebutnya.

Jokowi ingin penataan kawasan Labuan Bajo secara total. Demikian juga dengan pelabuhan Labuan Bajo yang akan khusus melayani kapal untuk penumpang.

"Kita akan rapikan sebagai pusat craft di Labuan Bajo. Ini total memang penataannya. Kemudian pelabuhan untuk kontainer akan dipindah ke tempat lain, di sini hanya untuk penumpang, pinisi. Yang dipindah kargonya aja," kata Jokowi.



Simak Juga 'Jokowi akan Benahi Kawasan Wisata dan Permukiman di Bunaken':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Momen Jokowi Nikmati Labuan Bajo dari Ketinggian"
[Gambas:Video 20detik]

(dkp/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com