detikNews
2019/07/09 22:05:46 WIB

Round-Up

Temenggung Lepas, Kubu Sjamsul Nursalim Berharap 'Bebas'

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Temenggung Lepas, Kubu Sjamsul Nursalim Berharap Bebas Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Suara Saut Situmorang meninggi setiap kali menyinggung dugaan kerugian keuangan negara yang mencapai Rp 4,58 triliun. Dugaan itu disematkan KPK dalam menangani perkara dugaan korupsi dalam penerbitan surat keterangan lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI).

Wakil Ketua KPK itu memberikan tanggapan resmi atas putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA). Putusan itu mengejutkan lantaran melepaskan seorang terdakwa dalam perkara itu atas nama Syafruddin Arsyad Temenggung.

"KPK akan tetap berupa semaksimal mungkin sesuai dengan kewenangan yang kami miliki untuk mengembalikan dugaan kerugian keuangan negara Rp 4,58 triliun," kata Saut dalam konferensi pers di kantornya pada petang hari Selasa, 9 Juli 2019.

Temenggung Lepas, Kubu Sjamsul Nursalim Berharap 'Bebas'Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat menanggapi putusan kasasi yang melepas terdakwa BLBI. (Agung Pambudhy/detikcom)



Beberapa jam sebelumnya di MA, Kabiro Hukum Humas Abdullah menyampaikan kasasi yang diajukan Syafruddin telah diputus. Salman Luthan duduk sebagai ketua majelis didampingi dua hakim anggota, yaitu Syamsul Rakan Chaniago dan M Askin.

"Saya akan menyampaikan secara singkat karena putusannya sangat panjang, maka saya sampaikan singkatnya saja," kata Abdullah pada siang hari itu.

Abdullah mengatakan putusan itu menyatakan Syafruddin terbukti melakukan perbuatan sebagaimana dakwaan KPK, tetapi perbuatan Syafruddin dinyatakan MA bukanlah tindak pidana. MA juga menyatakan melepaskan Syafruddin dari segala tuntutan hukum.

"Melepaskan terdakwa oleh karena itu dari segala tuntutan hukum," ucap Abdullah.

Namun putusan itu disebut Abdullah tidak diambil dengan suara bulat. Ada hakim yang tidak sependapat.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com