detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 19:45 WIB

Pansus: Anggota DPRD Wajib Hadir Fisik di Paripurna Pemilihan Wagub DKI!

Zunita Putri - detikNews
Pansus: Anggota DPRD Wajib Hadir Fisik di Paripurna Pemilihan Wagub DKI! Bestari Barus (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Kehadiran fisik anggota DPRD DKI Jakarta saat rapat paripurna pemilihan wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno diwajibkan oleh tim Pansus. Kehadiran fisik ini disebut menjadi salah satu syarat wajib dibukanya rapat paripurna.

"Kedua, perlu nggak di-protect dalam tatib. Kehadiran adalah kehadiran fisik, bukan tanda tangan saja, nggak ada joki-jokian. Kehadiran anggota kuorum adalah kehadiran fisiknya," ujar Wakil Ketua Pansus Bestari Barus saat rapat di gedung DPRD, Jalan kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

"Kehadiran fisik itu rapat ketika dibuka. Jadi tidak akan dimulai paripurna ketika tidak ada kehadiran, kehadiran fisik anggota DPRD," imbuhnya.


Anggota Pansus dari PKS, Achmad Yani, menilai kehadiran fisik itu tidak harus. Dia mengatakan anggota DPRD yang tanda tangan saja bisa dinyatakan memenuhi kuota kuorum rapat.

"Saya kira begini, kalau sudah tanda tangan, itu dianggap hadir, kan kita tidak tahu orangnya sakit atau ada yang meninggal," kata Yani.


Mendengar hal itu, Bestari Barus menilai pernyataan Yani tidak tepat. Dia menegaskan kuorum artinya anggota Dewan hadir secara fisik. Dia pun langsung menetapkan aturan kehadiran fisik itu di tatib paripurna pemilihan Wagub DKI.

"Tidak bisa. Harus ada kepalanya di situ, harus kehadiran fisik mengikuti tahapan paripurna. Kalau orang cuma teken, terus pulang, gimana mau dianggap hadir? Masukkan dalam klausul bahwa kehadiran adalah kehadiran fisik. Jadi kita putuskan paripurna dimulai kalau ada fisiknya, bukan hanya tanda tangan," tegas Bestari.

Rapat tatib pemilihan wakil gubernur ini akan digelar kembali besok (10/7) dengan agenda rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) di DPRD DKI.



Simak Juga 'Mengurus Kursi Wagub DKI yang Tak Putus-putus':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Rian Ernest Bicara Asal-Usul Dugaan Politik Uang di Pilwagub DKI"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com