detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 17:19 WIB

Gerindra Ingin Syarat Kuorum Pemilihan Wagub DKI Diubah, PKS Menolak

Zunita Putri - detikNews
Gerindra Ingin Syarat Kuorum Pemilihan Wagub DKI Diubah, PKS Menolak Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Anggota DPRD Fraksi Gerindra, Iman Satria meminta panitia khusus (pansus) mengubah syarat kuorum anggota Dewan dalam pemilihan wagub DKI dari 50%+1 menjadi 3/4. PKS menolak.

"Kalau saya berpatokan masa keputusan DPR RI tatibnya aja harus 2/3, masak ini untuk mengambil putusan dengan jenjang tertinggi gubernur atau wagub masa juga 50%+1 sih? Terus dengan suara terbanyak," ujar Iman di Gedung DPRD usai rapat pansus wagub, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

"Nanti ketika suara terbanyak tiba-tiba ngumpul pemungutan suara, hanya 8 orang, tetap dilaksanakan. Tiba-tiba upstand tinggal 2 orang tetap (dilaksanakan), Jadi pemenang kan kayanya legitimatenya kurang tinggi," imbuhnya.


Iman mengaku nanti usulan 3/4 kuorum itu akan dibawanya ke rapat pimpinan gabungan (rapimgab). Dia beralasan syarat 3/4 kuorum bakal membuat wagub terpilih mempunyai legitimasi yang tinggi.

"Iya lebih banyak yang mendukung. Kalau didukung 8 orang dari 106, nanti bisa dilecehin terus," katanya.


Sementara itu, anggota pansus lainnya dari PKS, Abdurrahman Suhaimi yang juga Ketua Fraksi PKS mengatakan syarat kuorum 50%+1 sudah ditetapkan oleh Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Menurut Suhaimi, hal itu tak bisa lagi diubah dan memang sudah tertuang dalam peraturan tata tertib DPRD.

"Kan sebenarnya sudah muncul terkait kuorum, kuorum dari hasil konsultasi Depdagri itu 50+1 untuk kuorum ini, tapi tadi teman Gerindra munculkan 3/4, tapi kan hasil konsultasinya dari sana udah tegas sekali 50+1," kata Suhaimi usai rapat.


Suhaimi menilai syarat kuorum itu sudah tertuang dalam tata tertib DPRD. "50+1 itu ada di tatib kita, di pasal 25 ada 3 kategori, terakhir itu syaratnya 50+1, dan sahnya adalah suara terbanyak," jelasnya.



Simak Juga 'Jalan Panjang Mencari Wagub DKI Baru':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Menyikapi Lambatnya Memilih Wakil Anies Baswedan"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com