detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 16:50 WIB

Puan Heran Kepulangan Habib Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Puan Heran Kepulangan Habib Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani. (Noval/detikcom)
Bogor - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani heran kepulangan Habib Rizieq Syihab dijadikan syarat rekonsiliasi Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto.

"Orang pergi sendiri, terus jadi kita harus yang minta pulang?" ujar Puan saat ditemui di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019).


Politikus PDIP itu juga bicara soal syarat rekonsiliasi yang meminta agar pro-Prabowo yang terjerat kasus hukum dibebaskan. Menurutnya, proses hukum harus tetap berjalan.

"Ya proses hukum tetap berjalan, ya sudah dijalanin saja. Sekarang memang tetap berjalan kan proses hukumnya," katanya.


Puan sendiri belum mendengar lagi perkembangan terbaru dari rencana pertemuan Jokowi dengan Prabowo. Namun, menurutnya, pertemuan keduanya menjadi sangat penting.

"Yang pasti saya merasa silaturahmi akan sangat penting sekali, apalah itu hanya silaturahmi persahabatan, kekeluargaan, apa bicara hal politik. Yang pasti pemilu sudah selesai, sudah sebaiknya kita kemudian bisa bersatu untuk menjaga Indonesia ini aman dan tenteram sejahtera," imbuhnya.

Puan juga mengaku memiliki hubungan yang dekat dengan Prabowo.

"Kalau saya kan ketemu, saya panggilnya 'Mas Prabowo', ya karena memang silaturahmi kekeluargaan saja gitu," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, eks Koordinator Jubir BPN, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyarankan agar rekonsiliasi Jokowi-Prabowo dimanfaatkan untuk memulangkan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia. Wakil Ketum Gerindra Fadli Zon menyetujui usulan itu.

"Ya kalau menurut saya (Habib Rizieq) harus (balik ke Indonesia). Bukan pemulangan ya, jangan dihambat. Karena yang saya dengar pemerintah Saudi sebenarnya tidak ada masalah," ujar Fadli di kantor Gubernur DIY, Senin (8/7).

Fadli menilai selama ini rencana pemulangan Habib Rizieq ke Indonesia terkesan dihalang-halangi. Padahal, lanjutnya, pada visa dan paspor Habib Rizieq tidak ditemukan adanya masalah.

"Tetapi mungkin ada informasi-informasi yang akhirnya bisa mencegah beliau (Habib Rizieq) untuk kembali ke sini (Indonesia) karena ada halangan di imigrasinya," ujarnya.





Simak Juga 'Pulangkan Habib Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi, PDIP: Aneh!':

[Gambas:Video 20detik]



Puan Heran Kepulangan Habib Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo


Simak Video "Pemilu Usai, PKS Minta Habieb Rizieq Dipulangkan"
[Gambas:Video 20detik]

(nvl/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com