detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 16:09 WIB

Sejumlah Warga Medan Diduga Terjangkit Flu Singapura

Khairul Ikhwan - detikNews
Sejumlah Warga Medan Diduga Terjangkit Flu Singapura Ilustrasi tanda-tanda flu singapura. Foto: JKN Sarawak
Medan - Kasus flu singapura mulai menyebar di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Di beberapa kecamatan diketahui ada sejumlah anak yang terjangkit penyakit ini, sementara Dinas Kesehatan Kota Medan belum mendapat pengaduan masalah ini.

Salah seorang warga Kecamatan Medan Johor, Yoyo (38) menyatakan, seorang anaknya terkena flu singapura dan masih dalam perawatan hingga hari ini. Pekan lalu, kata Yoyo, tiga anaknya terkena demam, namun setelah diperiksa ke dokter, yang dua demam biasa, sementara yang seorang lagi, ternyata terkena flu singapura, atau dikenal juga sebagai penyakit kaki, tangan, dan mulut.

"Dibawa berobat ke dokter praktik di rumah sakit. Katanya flu singapura. Saat ini dirawat di rumah saja, sudah mulai membaik. Ada diberi vitamin juga," kata Yoyo kepada wartawan di Medan, Selasa (9/7/2019).


Seorang warga Medan Johor lainnya, Firdaus (33) menyatakan, dua anaknya terkena flu singapura sekitar dua pekan lalu. Semula anak perempuannya yang terkena, kemudian menular ke abangnya.

"Awalnya kami sangka demam biasa, ternyata flu singapura," kata Firdaus sembari menyatakan, anak seorang kerabatnya di Kecamatan Medan Tembung juga menderita penyakit serupa.

Sementara Budi, warga Medan Tuntungan menyatakan, anak lelakinya yang berusia 1,5 tahun kemungkinan tertular virus flu singapura saat bermain di kolam renang salah satu hotel berbintang di Medan. Tidak hanya anaknya, namun dua keponakannya yang tinggal di Kota Tebing Tinggi juga terkena.

"Panas badan anak saya sampai tiga puluh sembilan derajat. Timbul bintik merah-merah di tapak tangan, dan tapak kaki. Kemudian di mulut juga ada. Kata dokter flu singapura, dan memang katanya sedang merebak kasus flu singapura di Medan," kata Budi.


Terkait dengan penyebaran virus ini, Dinas Kesehatan Kota Medan menyatakan belum ada laporan sejauh ini. Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, Mutia Nimpar menyatakan belum menerima pengaduan.

"Belum ada laporan ke kita. Jadi saya belum tahu. Kalau ada laporan dari rumah sakit, biasanya ditembuskan ke dinas, kan kita telusuri. Kalau ada apa-apa kami biasanya tanggapi. Ini belum ada pengaduan, belum ada laporan," kata Mutia kepada wartawan.

Simak Video "Investigasi Polri soal Bom Medan, Identitas Pelaku hingga Material Bom"
[Gambas:Video 20detik]

(rul/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com