detikNews
Minggu 07 Juli 2019, 11:52 WIB

Musim Liburan, Warga Diminta Hindari Jalur Puncak

Rivki - detikNews
Musim Liburan, Warga Diminta Hindari Jalur Puncak Foto: Ilustrasi macet di Puncak (Dok @TMCPolresBogor)
Jakarta - Kemenhub memprediksi kemacetan akan terjadi di Puncak, Jawa Barat, pada hari ini yang bertepatan dengan musim libur anak. Warga diminta untuk menghindari jalur puncak dan memilih rute alternatif.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang telah berada di Puncak agar dapat kembali ke Jakarta pagi ini dan bagi masyarakat yang berkeinginan menuju wilayah Puncak dapat menunda perjalanan supaya tidak terjebak kemacetan," ucap Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, dalam keterangannya, Minggu (7/7/2019).

Lebih lanjut Dirjen Budi menyampaikan bahwa penyebab kepadatan di jalur Puncak disebabkan oleh dua hal yaitu masa libur anak sekolah. Selain itu danya informasi penutupan jalan tol Jakarta-Cikampek sehingga banyak kendaraan yang mengakses jalur Puncak.



"Saya mengimbau agar masyarakat benar-benar mengatur pola perjalanannya supaya masyarakat tidak terjebak dalam antrean kemacetan. Imbauan tersebut juga untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas dari dan menuju wilayah wisata Puncak," pungkasnya.

Kemacetan di Puncak terjadi pada Sabtu (6/7). Bahkan seorang pengendara mengalami macet dari Tol Jagorawi sampai Puncak selama 7 jam.

"Kita dari jam 07.00 WIB dari Cikarang. Tadi macet dari jam 10.00 WIB. Saat ini saya baru sampai Megamendung, dekat Pasar Ciawi. Baru keluar dari Jagorawi," kata pengendara yang hendak berlibur ke Puncak, Mizwar saat dihubungi.



Simak Video "Dipenuhi Mahasiswa, Jalan Asia Afrika Senayan Macet Total"
[Gambas:Video 20detik]

(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com