detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 18:30 WIB

Jokowi Disebut Siapkan Menteri Muda, PD Cerita Pengalaman SBY

Tsarina Maharani - detikNews
Jokowi Disebut Siapkan Menteri Muda, PD Cerita Pengalaman SBY Ketua DPP PD Jansen Sitindaon (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) disebut akan memprioritaskan kalangan muda untuk menduduki kursi menteri. Partai Demokrat punya saran untuk Jokowi. Apa itu?

Ketua DPP PD Jansen Sitindaon mula-mula menanggapi pernyataan wapres terpilih Ma'ruf Amin yang mengatakan sosok muda yang disiapkan Jokowi berkisar usia 25-30 tahun. Ia menilai rentang usia itu terlalu muda.

"Kalau saya ditanya, menteri usia 25-30 tahun seperti yang disampaikan Pak Ma'ruf Amin kok rasanya masih terlalu muda ya. Selain belum punya kematangan, di usia segitu jangan-jangan ngurus dirinya sendiri saja belum bisa dia, apalagi ngurusi persoalan 260 juta rakyat," kata Jansen kepada wartawan, Kamis (4/7/2019).

Jansen mengatakan usia ideal untuk seorang menteri minimal 30 tahun. Dia pun bercerita soal pengalaman sang ketua umum, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), saat menjabat sebagai Presiden RI ke-6.

SBY mengangkat Helmy Faishal Zaini sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal pada periode kedua jabatannya. Helmy kala itu berusia 37 tahun.

"Di tahun 2009, Pak SBY mengangkat Helmy Faishal Zaini (yang sekarang jadi Sekjen PBNU) menjadi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal pada usia 37 tahun. Kerjanya bagus dan paripurna bekerja sampai satu periode. Kalau Pak Jokowi misalnya ingin memecahkan rekor itu dan mengangkat menteri yang lebih muda lagi, ya silakan saja," ujar Jansen.


Dia pun kemudian mengungkit soal Komandan Kogasma PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menurut Jansen, latar belakang dan pengalaman AHY di bidang akademik dan politik membuat sosoknya matang.

"Mas AHY saat ini bukan lagi masuk kategori muda ya. Jika muda itu kemudian dimaknai seperti yang banyak ditulis media rentang usianya 20-40 tahun. Tahun ini Mas AHY sudah 41 tahun. Dengan rekam jejak pendidikannya yang menyandang 3 master dari luar negeri, termasuk Harvard, Adhimakayasa di Akademi Militer dan Taruna Nusantara, sudah sangat matanglah," kata dia.

Lantas, apakah PD akan menyorongkan nama AHY sebagai menteri jika hendak bergabung dengan koalisi Jokowi? "Belum ada pembicaraan ke arah sana," tegas Jansen.

Simak Video "Menakar Keahlian Menteri Muda di Kabinet Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

(tsa/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com