detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 17:10 WIB

Perbaikan Jalan Lintas Timur Palembang-Jambi Segera Dilanjutkan

Raja Adil Siregar - detikNews
Perbaikan Jalan Lintas Timur Palembang-Jambi Segera Dilanjutkan Jalan Lintas Timur Palembang-Jambi. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Perbaikan Jalan Lintas Timur Palembang-Jambi sempat tertunda karena lelang belum selesai. Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, Kiagus Saiful Anwar, memastikan perbaikan jalan akan dilanjutkan dalam waktu dekat.

"Perbaikan ruas jalan Palembang-Jambi ini merupakan bagian pengerjaan jalan sepanjang 430 km dari batas Lampung hingga Jambi. Dalam waktu dekat bakal segera dimulai pengerjaannya," terang Syaiful saat dimintai konfirmasi, Rabu (3/7/2019).




Saat ini, kata Syaiful, pihaknya masih dalam proses lelang. Dia memprediksi proses lelang akan selesai pada akhir Juli ini.

"Kami optimis karena DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) ini sudah ada dan anggarannya tersedia. Sekarang sedang tahap evaluasi," katanya.

"Untuk evaluasi pun saat ini lebih mudah karena ada BPPJK atau Balai Pelaksana Pengadaan Jasa Konstruksi. Kami lebih fokus untuk pengerjaan," imbuh Syaful.

Adapun perbaikan jalan di ruas Palembang-Jambi merupakan bagian dari perbaikan jalan lintas timur Sumatera di perbatasan Lampung-Jambi. Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana Rp 1,2 triliun guna memperbaiki 430 km jalan nasional.




"Total keseluruhannya ini ada lima paket dengan nilai Rp 1,2 triliun. Dua paket di batas Lampung-Palembang dan tiga paket di ruas Palembang-Jambi dengan total anggarannya Rp 680 miliar," kata Syaiful.

Sebelumnya diberitakan, jalan lintas timur Sumatera dari Lampung sampai Jambi sempat rusak parah akibat lama tidak diperbaiki. Jalan sempat diperbaiki menjelang mudik Lebaran 2019.

Karena kontrak sempat batal beberapa kali, ruas jalan nasional tersebut hanya diperbaiki menggunakan dana darurat. Dengan begitu, jalan bisa digunakan secara fungsional sebelum perbaikan permanen.

Simak Video "Viral Video Pemalakan ke Penumpang Taksi Online di Palembang"
[Gambas:Video 20detik]

(ras/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com