detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 14:53 WIB

Sandiaga Siap Kolaborasi Jika Pemerintah Adopsi OK OCE-Rumah Siap Kerja

Indra Komara - detikNews
Sandiaga Siap Kolaborasi Jika Pemerintah Adopsi OK OCE-Rumah Siap Kerja Sandiaga Uno (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Sandiaga Uno membuka pintu kolaborasi seandainya pemerintah mau mengadopsi dua programnya yang sedang dikembangkan, yakni OK OCE dan Rumah Siap Kerja. Sandiaga mengaku senang jika program tersebut direspons pemerintah.

"Ya kita berharap kolaborasi itu kan bisa bersinergi dengan baik. Kalau misalnya pemerintah bisa bekerja sama mengadopsi, kita senang sekali. Ini adalah bagian ikhtiar kita sekarang, kebetulan saya di luar pemerintahan, waktu di DKI jalan dengan pelatihan di tiap kecamatan. Sekarang juga saya masih dilaporkan masih ada pelatihan dan kalau pemerintah pusat dan pemerintah daerah membuka peluang, tentu kita senang bekerja sama," kata Sandiaga di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Selasa (2/7/2019).


Sandiaga berterima kasih kepada warga, khususnya Wanita Pengusaha Muslimah Indonesia (WPMI), yang terus berupaya menciptakan lapangan kerja melalui UMKM yang didirikan. Dia menyebut peran UMKM yang dikelola perempuan berkontribusi bagi domestik bruto RI.

"Ada data yang luar biasa menurut saya bahwa UMKM yang dikelola perempuan hampir 10 persen dari produk domestik bruto kita, sementara total bisnis kominfo dan teknologi itu sekitar 5 persen. Jadi sekitar 2 kali lipat peran perempuan dalam pertumbuhan domestik bruto kita," tuturnya.

Dia juga mendorong agar pelaku usaha bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman dengan melakukan digitalisasi usahanya. Dia ingin pelaku UMKM bisa bersaing di e-commerce.

"Kita ingin juga bahwa mereka aktif di usaha yang bergerak di ekonomi kreatif karena kriya, fashion, kuliner sekarang singgungannya dengan e-commerce, fintech, dan networking. Jadi ini yang menjadi salah satu keniscayaan bahwa masyarakat butuh solusi lapangan kerja dan ibu-ibu ini yang ambil peran bantu ekonomi kita dan lapangan kerja," katanya.


Nantinya, eks Wagub DKI ini akan mengajak pelaku UMKM ke Rumah Siap Kerja untuk diberikan arahan untuk mengembangkan usaha. Dia ingin pelaku usaha kecil paham betul melakukan manajemen dagang. Hal itu juga yang saat ini menjadi fokus Sandiaga setelah Pilpres 2019.

"Saya lebih ingin berkolaborasi dengan para pelaku ekonomi, khususnya mentoring, inkubasi, mendorong para pengusaha hebat UMKM, emak-emak, wanita muslimah ini mendapat pelatihan pendampingan yang baik, dibantu pemasaran, pembukuan dan permodalan. Karena manajemen setelah rapi, usaha berkembang pasti butuh pemodalan. Ini yang nanti jadi fokus kegiatan ke depan dan ada dua pilar utama yakni OK OCE dan Rumah Siap Kerja yang fokus ciptakan lapangan kerja terlatih," ujarnya.

Simak Video "Kalah Pilpres, Sandi Tetap Gaspol OK OCE dan Rumah Siap Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

(idn/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com