detikNews
2019/07/02 06:20:08 WIB

Round-Up

Manuver Bamsoet Disambut 'Parkir Bus' Airlangga di Istana

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Manuver Bamsoet Disambut Parkir Bus Airlangga di Istana Airlangga membawa dua bus rombongan Partai Golkar ke Istana menemui Presiden Jokowi. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Kursi Ketua Umum Partai Golkar mulai panas. Airlangga Hartarto, yang berada di tampuk mulai digoyang manuver-manuver Bambang Soesatyo. Sang petahana mencoba bertahan dengan 'parkir bus' di Istana.

Airlangga dan Bamsoet--sapaan Bambang Soesatyo--akan mencalonkan diri menjadi Ketum Golkar pada munas mendatang. Forum tersebut rencananya diselenggarakan pada Desember 2019, namun beberapa pihak mendesak percepatan agenda. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), yang juga tokoh senior Golkar, mengungkapkan bahwa kedua nama itu sudah sowan kepadanya.

"Ya dua-duanya ketemu, datang. Tapi saya lebih condong untuk nunggu yang lebih hak (pemilik suara)," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2019).


Bamsoet sebagai penantang terus 'menyerang'. Ketua DPR itu telah menerima sejumlah dukungan dari pengurus DPD Golkar tingkat II.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Ketua DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (28/6), ada 7 DPD Tingkat II yang menyatakan diri mendukung Bamsoet. Mereka dari Kepulauan Riau; DPD Tingkat II dari sebagian Jawa Barat yang meliputi Kuningan, Cirebon, dan Ciamis; perwakilan DPD Tingkat II dari Maluku; serta perwakilan DPD Tingkat II dari Papua Barat.

"Kepada mereka-mereka yang datang pada hari ini, saya mengucapkan terima kasih. Insyaallah saya akan laksanakan amanah itu dengan sebaik-baiknya," kata Bamsoet.

DPD Partai Golkar Kalsel menyusul mendeklarasikan dukungan kepada Bamsoet. Sempat ada pernyataan dukungan dari DPD Golkar DKI kepada mantan Ketua Komisi III DPR itu, namun belakangan dicabut.


Dukungan kepada Bamsoet bertambah per 1 Juli 2019. Tepatnya ada 3 DPD II Golkar yang mendeklarasikan dukungan ke Bamsoet, yaitu DPD Kabupaten Buru, DPD Kabupaten Buru Selatan, dan DPD Kabupaten Aru, Maluku.

"Kali ini tiga DPD Partai Golkar dari Maluku menyatakan dukungannya. Semakin banyak dukungan yang masuk, semakin menambah keyakinan saya untuk mempertimbangkan sebagai caketum Partai Golkar," kata Bamsoet kepada wartawan, Senin (1/7).

Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar itu juga menyatakan sudah melakukan safari politik kepada para senior terkait rencananya maju sebagai caketum menantang Airlangga. Bamsoet mengaku mendapatkan tanggapan positif dari para senior partai. Dia juga akan sowan ke para senior lain seperti BJ Habibie dan Akbar Tandjung.

"Ada beberapa bertemu dengan beberapa senior, tanggapannya positif ya," kata Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/6).

Bagaimana dengan Airlangga Hartarto, apa saja yang sudah dilakukannya untuk mempertahankan jabatannya di partai berlambang beringin itu?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com