detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 15:43 WIB

Dilanda Kekeringan, Warga Bekasi Cuci Baju-Mandi di Sungai

Isal Mawardi - detikNews
Dilanda Kekeringan, Warga Bekasi Cuci Baju-Mandi di Sungai Foto: Warga Bekasi mandi dan cuci baju di Kali Cihoe (Isal-detikcom)
Bekasi - Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, dilanda kekeringan. Warga yang kesulitan mendapatkan air memanfaatkan Kali Cihoe untuk mencuci baju dan mandi.

Pantauan detikcom, tampak sejumlah warga mencuci pakaian di Kali Cihoe, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jumat (28/6) siang. Kali Cihoe tempat warga mencuci pakaian dengan Kantor Kecamatan Cibarusah berjarak sekitar 5,5 km. Air kali tampak bewarna coklat

Terlihat sekitar 10 orang yang mencuci baju di Kali Cihoe. Warga mencuci pakaian di tepi kali. Terkadang, canda dan tawa terselip diantara obrolan warga.



Tidak hanya itu, terdapat pula warga yang mandi. Sebagian warga mandi dengan mengenakan celana pendek, sebagian lagi mengenakan handuk. Tidak ada sekat antara area tempat mandi wanita dan laki-laki.

Sejumlah warga juga tampak menyiapkan jeriken untuk diisi oleh air Kali Cihoe untuk keperluan sehari-hari. Air yang dibawa ini akan dipakai untuk kebutuhan di rumah.

Dilanda Kekeringan, Warga Bekasi Cuci Baju-Mandi di SungaiFoto: Warga Bekasi mandi dan cuci baju di Kali Cihoe (Isal-detikcom)


"Rumah saya kering (air), saya ambil (air) 2 jerigen aja, sama mandi sekalian," ujar seorang warga Mista, saat ditemui di Kali Cihoe, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jumat (28/6/2019).

Mista mengaku kediamannya mengalami kekeringan air sejak 2 bulan yang lalu. Rumah Mista dengan Kali Cihoe berjarak 4 km. Ia mengaku bolak-balik rumah-Kali Cihoe setiap harinya.

"Setiap hari kesini, ada 3 kali sehari," ujar Mista.



Mista mengatakan air yang ia ambil dari Kali Cihoe untuk keperluan sehari-hari. "Keperluan masak, dan lain-lain," ujar Mista.

Warga Cibarusah lainnya, Dwiya, juga mengambil sejumlah air Kali Cihoe dalam jerigen untuk keperluan mandi dan cuci piring.

"3 sampai 5 (jerigen setiap hari)," ujar Dwiya.

Selama dilanda kekeringan ini, Dwiya merasa kerepotan. "Bukan repot lagi ini mah, bikin mules," lanjutnya sambil tertawa.




Simak Juga 'Cilegon Dilanda Kekeringan, Warga Tempuh 2 Km untuk Ambil Air':

[Gambas:Video 20detik]


Dilanda Kekeringan, Warga Bekasi Cuci Baju-Mandi di Sungai


Simak Video "Sudah 7 Bulan Warga di Buton Selatan Alami Kekeringan"
[Gambas:Video 20detik]

(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com