detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 11:00 WIB

Bawa Al-Liwa, Massa Aksi Merapat ke Medan Merdeka Barat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Bawa Al-Liwa, Massa Aksi Merapat ke Medan Merdeka Barat Massa Aksi Kawal Sidang Putusan MK. (Farih Maulana Sidik/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Mobil komando 'Aksi Kawal Mahkamah Konstitusi' tiba di Patung Kuda Arjuna Wijaya, Monas, Jakarta Pusat. Di atas mobil komando itu, Waketum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Asep Syaripudin mengimbau massa terus merapat ke sekitar gedung MK.

Pantauan di lokasi, mobil komando itu tiba di Patung Kuda, Monas, Rabu (26/6/2019) sekitar pukul 10.10 WIB. Mobil komando berwarna putih tersebut dilengkapi beberapa pengeras suara.


"Sampaikan pada saudara-saudara di rumah, japri... ajak saudara-saudara kita untuk berkumpul di sini," kata Ustaz Asep dari atas mobil komando.

Selain itu, Ustaz Asep menyebut aksinya kali ini legal lantaran sudah memberi tahu kepolisian. Ia mengajak masyarakat Indonesia memenuhi kawasan Patung Kuda dalam aksi kawal sidang putusan sengketa Pilpres 2019.

Bawa Al-Liwa, Massa Aksi Merapat Ke Medan Merdeka BaratMassa Aksi Kawal Sidang Putusan MK membawa bendera Al-Liwa. (Farih Maulana Sidik/detikcom)

"Kita sudah sampaikan pemberitahuan kepada kepolisian, insyaallah aksi kita kali ini legal konstitusional. Sampaikan pada yang ada di rumah, yang ada di masjid-masjid, yang ada di padepokan-padepokan, para jawara, para mahasiswa undang, kita akan sampaikan aksi sampai sore hari," ujar Ustaz Asep.


Massa mengawali aksi demonstrasinya dengan bacaan Asmaul Husna. Kemudian dilanjutkan dengan lantunan-lantunan doa harapan mendapat keadilan dalam pengumuman sidang sengketa Pilpres 2019.

Tampak massa yang berkumpul mulai berjalan ke arah gedung MK, yang ada di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Beberapa tampak membawa spanduk. Ada juga yang membawa bendera Al-Liwa.



Tonton video Jelang Sidang Putusan, Begini Suasana Sekitar Gedung MK Pagi Ini:

[Gambas:Video 20detik]

Bawa Al-Liwa, Massa Aksi Merapat ke Medan Merdeka Barat


Simak Video "Massa Aksi Kawal MK Bubar, Besok Kembali Lagi"
[Gambas:Video 20detik]

(elz/tor)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed