detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 10:36 WIB

Dua Kelompok Aksi di Sekitar MK Hari Ini, Estimasi 3.000 Orang

Audrey Santoso - detikNews
Dua Kelompok Aksi di Sekitar MK Hari Ini, Estimasi 3.000 Orang Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Jeffrie/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Siang nanti Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019. Polri menerima pemberitahuan diperkirakan ada 2.500-3.000 orang massa yang akan ikut aksi di sekitar MK.

"Estimasi massa ada 2.500-3.000 orang," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).

Brigjen Dedi mengatakan hal tersebut diketahui dari surat pemberitahuan yang diterima Polri. Akan ada dua kelompok besar yang bakal menggelar aksi.


"Satu dari PA 212 ada 12 elemen, dari mahasiswa ada 1 elemen," jelasnya.

Brigjen Dedi mengatakan Polri bersama TNI sudah siap melakukan pengamanan. Diketahui total ada 47 ribu personel gabungan yang akan mengamankan jalannya persidangan hari ini. Fokus pengamanan polisi tidak hanya pada kegiatan persidangan. Perangkat persidangan, seperti hakim dan pihak-pihak yang berkepentingan, juga akan diamankan aparat.


"Pola pengamanan sama seperti kemarin. Kita sudah analisis keamanan, di medsos dan di lapangan kondusif. Secara umum kondusif," ujarnya.

Massa sendiri sejak tadi pagi sudah berdatangan menggelar aksi di sekitar Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda. Brigjen Dedi mengatakan massa yang hadir pagi ini diperkirakan baru 300-400 orang.



Tonton video Potret Pengamanan Berlapis TNI-Polri di Gedung MK:

[Gambas:Video 20detik]


Dua Kelompok Aksi di Sekitar MK Hari Ini, Estimasi 3.000 Orang


Simak Video "MK Beri Toleransi Tim Prabowo Kumpulkan Bukti hingga Jam 4 Sore"
[Gambas:Video 20detik]

(hri/imk)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed